Surat Keterangan Pengganti E-KTP Bisa Digunakan untuk Reservasi Penerbangan

 

TANJUNG REDEB – Keterlambatan penyelesaian KTP Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau membuat sebagian masyarakat merasa kesulitan dalam mengurus administrasi yang berkaitan dengan tanda pengenal KTP. Namun untuk memudahkan masyarakat, Disdukcapil memberikan surat pengganti E-KTP berupa surat keterangan yang dapat digunakan.

Surat keterangan tersebut dapat digunakan sebagai pengganti E-KTP yang belum tuntas dikerjakan Disdukcapil akibat kekosongan blanko beberapa bulan lalu.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Disdukcapil Berau, Fredy Suryadie, saat ditemui beraunews.com, Kamis (15/06/2017). Surat keterangan tersebut dapat digunakan untuk pemesanan tiket kepada maskapai penerbangan.

“Keterbatasan kita untuk mencetak E-KTP ini menjadi salah satu kendala mengapa sampai saat ini masih banyak juga yang belum jadi E-KTPnya. Jadi dengan surat keterangan masyarakat bisa melakukan penerbangan, itu bisa berlaku,” ucapnya.

Keterlambatan E-KTP tersebut juga merupakan faktor dari prosedural dari pihak pusat yang juga mengalami keterlambatan, sehingga pihak Disdukcapil hanya bisa menunggu dari pihak Pusat untuk dapat melakukan penyelesaian E-KTP yang belum terselesaikan.

“Kalau dari Kementerian lambat, kami juga pasti akan terlambat menyelesaikan. Jadi ini kami hanya mengikuti dari Pusat, setelah blanko datang ini maka tinggal menunggu input data selesai,” jelasnya.

Sementara itu, surat keterangan yang diberikan sebagai pengganti E-KTP tersebut dapat berlaku hingga enam bulan sejak dikeluarkan. Setelah masa berlaku habis, surat keterangan tersebut dapat dikembalikan kepada Disdukcapil.

“Kalau sudah habis masa berlakunya dan E-KTPnya belum jadi, maka masih bisa diperpanjang,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia