Meninggal Dunia, PNS Bakal Terima Bantuan Pemakaman

TANJUNG REDEB – Upaya memberikan kenyamanan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bernaung di bawah Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) terus dilakukan. Jika sebelumnya disediakan 1.000 rumah bagi PNS dengan membangun perumahan Korpri, kali ini ada program lain, yakni bantuan dana pemakaman bagi PNS yang meninggal dunia kepada pihak keluarga yang ditinggalkan.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) PSDM dan Kesejahteraan Sekretariat Korpri Berau, Purwo Sutopo mengungkapkan, bantuan dana pemakaman Aparatur Sipil Negara (ASN) Berau ini merupakan salah satu visi dalam mewujudkan kesejahteraan ASN yang tergabung di Korpri Berau. Selain itu, inovasi perubahan ini juga dalam rangka pemenuhan tugas dirinya pada diklat pimpinan untuk eselon IV.

“Pemerintah Kabupaten Berau berinovasi dengan memberikan bantuan dana pemakaman pegawai ASN guna meningkatkan kesejahteraan kepada anggota Korpri maupun keluarganya, bukan hanya pada saat masih hidup, namun juga harus memberikan perhatian dan penghormatan atas jasa dan pengabdian mereka ketika anggota Korpri ini telah meninggal dunia,” ungkapnya.

Oleh karena itu, bantuan dana pemakaman ini, dikatakan Purwo, sangat penting untuk direalisasikan dan menjadi program rutin Korpri. Berdasarkan rekomendasi yang disepakati dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke-VIII, maka anggaran yang digunakan untuk bantuan dana pemakaman berasal dari iuran anggota Korpri yang dipotong setiap bulannya.

“Sehingga diperlukan memberi bantuan fasilitas pemakaman dari Sekretariat Korpri dengan pendanaan melalui iuran Korpri, yang disetor ke bank di setiap unit-unit SKPD pada setiap bulan. Hal ini juga berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus Korpri sudah disepakati pada Muskab VIII, tanggal 24 Mei 2016 lalu yang merekomendasikan bantuan dana ini,” tambahnya.

Bentuk nyata terlaksana program itu, disampaikan Purwa, telah dirasakan oleh salah satu pihak keluarga Korpri Berau, yakni keluarga Achmad Saleh (Alm), pegawai BPBD Berau. Penyerahan bantuan dana pemakaman langsung diserahkan Ketua Dewan Pengurus Korpri Berau, Jonie Marhansyah.

“Yang perdana menerima bantuan dana pemakaman itu Pak Saleh (Almarhum), pegawai BPBD Berau. Diserahkan langsung Pak Sekda Jonie Marhansyah, selaku Ketua Dewan Pengurus Korpri Berau dan diterima oleh pihak keluarga di rumah duka, Jalan Yos Sudarso,” bebernya.(sai)