Bupati : Kebersihan Tanggung Jawab Seluruh Individu

 

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram, mengatakan kebersihan lingkungan di suatu kampung menjadi tanggung jawab dari Kepala Kampung (Kakam). Hal itu pun diakuinya sudah disosialisasikan kepada seluruh Kakam yang ada di Berau.

Namun pada faktanya, saat ini masih banyak kampung yang menyepelekan soal kebersihan lingkungan. Bahkan tidak ragu untuk membuang sampah di tempat yang bukan semestinya. Untuk meningkatkan kesadaran seluruh Kakam dan sekaligus masyarakat sebagai pelaku kebersihan, ada beberapa hal yang harus dilakukan di kampung tersebut.

Diantaranya, melokalisir tanggungjawab. Menyadarkan masyarakat atas tanggungjawabnya terhadap kebersihan di dalam lingkungan rumah tangga, hingga memberikan penghargaan dan tindakan bagi masyarakat yang sengaja membuang sampah di sembarang tempat.

“Misalnya di lingkungan RT, maka setiap RT bertanggungjawab atas kebersihan di lingkungannya, dan juga membuat reward punishment, jadi kalau ada warga yang membuang sampahnya sembarangan, bisa diberi sanksi yang tegas. Biar tidak mengulangi lagi perbuatannya,” katanya kepada beraunews.com, Rabu (26/04/2017).

Tak hanya di lingkungan rumah tangga, kebersihan juga dikatakannya harus ditekankan pada masing-masing instansi pemerintahan, terutama instansi yang juga menangani soal kebersihan, agar dapat menjadi contoh dalam mengkampanyekan kebersihan.

“Bukan hanya masyarakat saja yang harus menjaga kebersihan, tapi seluruh kantor dan instansi pemerintahan juga mesti bekerjasama untuk soal kebersihan ini, jangan sampai kita menggembor-gemborkan soal kebersihan tapi kita yang sebagai aparatur negara justru tidak mencontohkan dengan baik,” ujarnya.

Ia pun berharap persoalan kebersihan di kota yang memiliki julukan Kota Sanggam tersebut dapat tuntas dengan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder yang ada.

“Contoh di Singapura, kalau ada warga yang ketahuan buang sampah sembarangan langsung didenda, dendanya tidak sedikit bisa mencapai jutaan rupiah. Semoga di kota kita ini bisa meniru hal-hal baik yang sudah dilakukan Singapura, khususnya dalam hal kebersihan lingkungan. Sebab kebersihan ini ialah kewajiban bagi seluruh orang, bukan hanya satu dua orang saja,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia