BKPP Berau Optimalkan Tahapan Verifikasi Berkas CPNS

 

TANJUNG REDEB – Sesuai hasil seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) pada tahun 2015 lalu, sebanyak 30 CPNS telah dinyatakan lulus seleksi. Selanjutnya, 30 CPNS ini akan melalui tahapan verifikasi berkas sebelum ditetapkan NIP dan Surat Keputusan (SK) pengangkatannya menjadi CPNS.

Dimana, tahapan verifikasi berkas bagi Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang akan diangkat menjadi CPNS dengan TMT 1 Maret 2017 tersebut akan dilakukan di seluruh Kantor Regional BKN.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Abdul Rifai mengungkapkan, saat ini, pihaknya sedang melakukan tahapan verifikasi berkas guna melengkapi berkas persyaratan yang disyarakatkan. Pihaknya pun paling lambat akan menyerahkan kelengkapan berkas CPNS ini kepada Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada tanggal 26 April 2017 mendatang.

“Sudah banyak yang lengkap berkasnya, hanya beberapa lagi yang masih dalam proses (melengkapi). Seperti, surat keterangan kesehatan dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian –red), itu yang masih belum ada,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/04/2017) siang.

Dikatakannya, tahapan verifikasi berkas di tingkat BKPP Berau ini, diharapkan dapat selesai secepatnya. Baik untuk 11 berkas CPNS dari tenaga kesehatan PTT Kementerian Kesehatan RI, yang terdiri dari 1 dokter dan 10 bidan, maupun berkas dari tenaga penyuluh PTT Kementerian Pertanian.

Sehingga, pada tanggal 26 April 2017 mendatang, pihaknya dapat menyerahkan seluruh berkas PTT pemerintah pusat yang akan diangkat sebagai CPNS di lingkup Pemkab Berau tersebut.

“Kita kan penyuluh ada dapat 19 orang, penyuluh pertanian yang diangkat CPNS. Sama juga seperti program Kemenkes, tapi ini dari Kementerian Pertanian,” katanya.

Terkait penggajian CPNS ini, jelas Rifai, memang akan dibebankan kepada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Berau. Namun, hal itu baru akan dilakukan, apabila Nomor Induk Pegawai (NIP) dan Surat Keputusan (SK) pengangkatannya menjadi CPNS tersebut telah ditetapkan.

Untuk itu, tahapan verifikasi berkas sebelum ditetapkan NIP dan Surat Keputusan (SK) pengangkatannya menjadi CPNS tersebut diupayakan pihaknya dapat berjalan sesuai rencana dan selesai secepatnya. Mengingat, batas waktu penyerahan berkas ke Kantor Regional VII BKN Banjarmasin juga jatuh tempo pada tanggal 28 April 2017 mendatang.

“Ya mudah-mudahan, nanti setelah ada SK dari BKN, itu secepatnya akan kita proses untuk penggajiannya melalui APBD Kabupaten Berau. Dan, mudah-mudahan di bulan depannya sudah ada perubahan dan penerimaan SK itu,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Andi Sawega/Editor: R. Amelia