Bupati Akan Evaluasi Kinerja Ketua RT

 

TANJUNG REDEB – Demi memaksimalkan peran Ketua RT dalam melayani masyarakat, Bupati Berau, Muharram, berencana untuk mengevaluasi kinerja masing-masing Ketua RT.

Hal itu dilakukannya agar setiap yang menjadi Ketua RT dapat bekerja sesuai dengan fungsinya untuk memberikan pelayanan kepada warga. Sebab tidak jarang Ketua RT tidak berada di tempat saat warganya membutuhkan untuk mengurus administrasi.

“Selama ini banyak masyarakat yang kesulitan menemui Ketua RTnya sendiri. Apakah tidak ada di tempat dan sebagainya. Sehingga apa yang diperlukan masyarakat terhadap Ketua RT tidak jarang meleset,” ucapnya.

Bahkan, bukan hanya itu, ada beberapa Ketua RT yang dianggap tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. Sehingga evaluasi terhadap Ketua RT sangat perlu dilakukan untuk menjaring Ketua RT yang produktif dan tidak produktif.

“Masih banyak Ketua RT yang hanya menjabat sebagai RT tapi kinerjanya justru tidak seperti yang diharapkan. Sementara masyarakat kita butuh pelayanan Ketua RT yang maksimal. Misalnya mau urus surat keterangan tidak mampu, surat pengantar dan lain-lain, itu muaranya ada di RT,” ungkapnya.

Meski begitu, ia juga menyadari tunjangan Ketua RT yang tidak seberapa terkadang menjadi faktor produktif atau tidaknya Ketua RT. Namun terlepas dari hal itu, ia berharap Ketua RT dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

‘Kita akan coba evaluasi kembali. Kalau memang dia tidak sanggup kita akan carikan solusi untuk itu, juga kalau tidak produktif lagi akan kita gantikan. Kalau tidak mau digantikan tapi tidak produktif lagi kita tahan tunjangannya,” tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia