Bupati Bertemu Langsung Menteri PUPR, Jalan Bujangga Segera Ditangani

JAKARTA – Kondisi Jalan Bujangga yang kembali ambles menjadi perhatian serius Bupati Berau, Muharram dan Wakilnya, Agus Tantomo. Pasalnya jalan nasional di bantaran sungai Segah ini merupakan akses utama bagi masyarakat keluar dan masuk kota Tanjung Redeb.

Guna memastikan perbaikan Jalan Bujangga segera ditangani, Bupati Berau Muharram, bertemu langsung dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Kamis (23/6/2016) tadi siang. Terlihat, Bupati bersama Wakil Ketua DPRD, Sa’ga dan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Taupan Madjid, serta Sekretaris DPU, Rahmat.

Dalam pertemuan, Bupati memaparkan kondisi Jalan Bujangga cukup parah dan perlu penanganan segera. Terlebih sejak terjadinya ambles untuk yang kedua kalinya memberikan dampak terhadap masyarakat yang bermukim di kawasan tersebut. Di sepanjang Jalan Bujangga, disampaikan Muharram terdapat banyak usaha masyarakat, yang bergantung dari aktivitas di kawasan tersebut.

“Kami sangat berharap Jalan Bujangga ini dapat segera ditangani, karena jalan nasional ini jalan vital dan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati, juga berharap penanganan Jalan Bujangga ini tidak dilakukan dengan upaya relokasi jalan. Namun dapat mengutamakan perbaikan pada badan jalan yang ambles sehingga aktif kembali. Pasalnya jika harus direlokasi dikhawatirkan akan memberikan dampak terhadap kegiatan usaha masyarakat.

“Kami harapkan tidak direlokasi, karena masyarakat banyak bergantung di jalan ini, usaha toko dan usaha lain banyak di kawasan ini,” ucapnya.

Kemudian, Kepala DPU Berau, Taupan Madjid, menggambarkan kondisi Jalan Bujangga yang memang harus mendapat perhatian serius. DPU Berau disampaikannya, terus memperjuangkan agar jalan ini segera diperbaiki. DPU Berau juga telah melakukan langkah langkah awal dengan melakukan kajian dan mensinergikan dengan Kementerian PUPR.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, Sa’ga, yang turut hadir dalam pertemuan, mengungkapkan DPRD Berau sangat berharap Jalan Bujangga segera ditangani. DPRD disampaikan terus mensupport jajaran Pemkab Berau melalui DPU untuk memperjuangkan Jalan Bujangga. Termasuk bertemu langsung dengan Menteri PUPR.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyambut baik kehadiran Bupati Berau beserta Wakil Ketua DPRD dan DPU yang memberikan perhatian serius terkait kerusakan jalan yang merupakan akses utama masyarakat. Menteri yang didampingi sejumlah pejabat terkait Kementerian PUPR, memastikan akan melakukan penanganan perbaikan Jalan Bujangga.

“Saya akan tangani perbaikan Jalan Bujangga ini,” tegasnya.

Sejak mendapat laporan terkait amblesnya jalan nasional tersebut, Kementerian PUPR telah melakukan tahapan penanganan. Kunjungan lapangan bersama tim pakar juga telah dilakukan dan tengah dilakukan analisa terkait kondisi alam dikawasan jalan yang tepat berada ditikungan sungai tersebut. Pertemuan lintas direktorat terkait kondisi Jalan Bujangga juga telah dilakukan. Kementerian PUPR juga memastikan telah mengalokasikan anggaran perbaikan pada tahun 2017 mendatang.

Seperti diketahui, sebelumnya Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh, saat berkunjung ke Kabupaten Berau beberapa waktu lalu, didampingi Wakil Bupati Agus Tantomo juga meninjau kondisi Jalan Bujangga yang ambles. Menteri PUPR juga telah mendapat informasi dari Surya Paloh terkait kondisi jalan yang memang harus mendapat penanganan. Untuk itu Menteri PUPR memastikan akan melakukan penanganan agar Jalan Bujangga dapat kembali dimanfaatkan masyarakat.(sai/hms*)