Demi Keseragaman, Bupati Usulkan Kata 'Kampung' Jadi 'Desa'

 

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram,  mengusulkan agar penggunaan kata kampung diubah menjadi Desa. Hal tersebut, dikatakannya untuk menyeragamkan penyebutan kata, baik di tingkat Daerah,  Kabupaten maupun Provinsi dan Pusat.

Saat ini, penggunaan kata Kampung,  dikatakannya sudah tidak lagi merata. Baik di Kementerian dan Badan Pemerintahan lainnya.

"Sebagai contoh,  Kementerian Desa tidak menggunakan kata Kampung. Begitu juga dengan daerah lain yang sudah menyeragamkan penggunaan kata Desa untuk seluruh desanya," ujarnya beberapa waktu lalu.

Di Berau sendiri,  dikatakannya masih banyak yang bingung dengan penyebutan sebuah kampung atau desa. Hal tersebut suatu waktu dapat berdampak pada masalah administrasi dan sebagainya.

"Ini akan memudahkan kita dari segi pembahasaannya. Karena di tingkat nasional sekarang menggunakan kata desa, bukan lagi kampung. Jadi kita juga biar seragam penyebutannya sampai ke tingkat nasional, lebih mudah. Kalau pakai desa, ya kita sebut semua desa. Bukan lagi kampung," katanya.

Namun, jika apa yang menjadi usulannya tersebut tidak disepakati,  ia pun tak masalah untuk tetap menggunakan kata kampung dalam penyebutan nama kampung atau desa.

"Tapi kalau ada yang tidak setuju,  dan tetap ingin menggunakan kata kampung dalam penyebutan,  ya tidak masalah. Semua itu juga sebenarnya hanyalah penyebutan,  meski maknanya sama. Tapi lebih baik lagi kalau secara administrasinya kita bisa seragam dengan se-Indonesia," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia