Ratusan Obat Dan Makanan Tak Layak Konsumsi Ditemukan Petugas

BIATAN – Puskesmas Biatan dibantu Pos Kepolisian Biatan lakukan penertiban di toko dan warung yang ada di Biatan Lempake. Setelah mendatangi dan melakukan pemeriksaan dibeberapa tempat, tim intensifikasi pengawasan pangan menemukan ratusan makanan dan minuman yang tak layak konsumsi. Temuan kemudian dibawa ke Puskesmas Biatan untuk selanjutnya dimusnahkan.

Kepala Puskesmas Biatan, M. Asri, melalui Kepala Tata Usaha, Budi Ariyadi, selaku pelaksana kegiatan intensifikasi pengawasan pangan jelang ramadhan dan idul fitri 1437 Hijriah, mengatakan kegiatan ini untuk memeriksa kelayakan pangan baik makanan maupun minuman.

“Pemeriksaan meliputi pemeriksaan tanggal kedaluarsa, makanan yang berjamur atau tidak layak konsumsi, kemasan rusak, pangan tidak terdaftar di balai POM RI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Berau (Nomor P-IRT),” jelasnya kepada beraunews.com dilokasi kegiatan, Rabu (22/6/2016).

Dikatakannya, para pedagang diharapkan bisa lebih mengontrol lagi barang dagangannya apakah masih layak konsumsi atau tidak, dan bagi para konsumen harus teliti sebelum membeli suatu barang.

“Saya mengimbau konsumen yang akan berbelanja agar memperhatikan tanggal kedaluarsa dan kemasan barang apakah masih layak dikonsumsi atau tidak,” tutupnya.(asc)