Bupati Instruksikan PU Percepat Proses Serah Terima IPA

 

TALISAYAN – Dalam kegiatan Musrenbang di Kecamatan Talisayan Selasa (13/03/2017),  anggota DPRD, Subroto sempat menyampaikan persoalan mengenai IPA yang ada di Kampung Dumaring Kecamatan Talisayan yang sudah beberapa bulan terkahir tidak lagi beroperasi. Ia menjelaskan, keberadaan IPA tersebut sejatinya sempat berjalan, atau dilakukan uji coba oleh pihak ke tiga selama 3 bulan, dan berjalan lancar.

“Hanya saja, saat ini sudah tidak lagi beroperasi lantaran IPA tersebut sudah lepas tanggung jawab, atau uji coba dari pihak ke tiga. Jika IPA itu ingin kembali beroperasi, harus segera dikelola oleh PDAM,” ungkapnya.

Disamping itu, dirinya juga sempat melakukan komunikasi dengan pihak PDAM. Tetapi  direktur PDAM belum bisa berbuat banyak lantaran belum adanya serah terima dari DPU Berau dengan PDAM Tirta Segah. Dirinya berharap, Pemerintah Kabupaten dapat mencarikan solusi terkait permasalahan tersebut, agar warga Talisayan dapat menikmati fasilitas IPA yang telah dibangun itu.

“Karena sayang, sudah dibangun dengan anggaran kurang lebih 50 Milyar rupiah tapi tidak dikelola dengan baik,” ujarnya.

Mendengar hal tersebut, Bupati Berau langsung menanggapi permasalahan terkait IPA itu. dirinya langsung menginstruksikan perwakilan DPU Berau yang hadir, untuk segera menyelesaikan persoalan tersebut. Sebab kata dia, persoalan air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama dalam masyarakat.

“Ini adalah kebutuhan orang banyak, dan perlu segera dilakukan penyelesaian secepatnya,” ujarnya.

Untuk itu dirinya meminta kepada pihak DPU agar segera melakukan proses serah terima IPA tersebut ke PDAM. Tidak hanya itu, dirinya juga meminta IPA-IPA yang ada di wilayah lain yang juga belum dilakukan serah terima juga secepatnya dilakukan. Agar bangunan tersebut dapat dioperasikan, dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

"Saya minta, satu atau dua minggu ini proses serah terima dapat segera selesai, karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat banyak,” tegasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia