Wabup Akan Kembali Berkantor di Luar

 

TANJUNG REDEB – Guna memastikan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berjalan secara baik dan profesional, Wakil Bupati (Wabup) Berau, Agus Tantomo kembali berencana untuk berkantor di RSUD Abdul Rivai. Hal ini diungkapkan Wabup saat menghadiri musyarawah rencana pembangunan (Musrembang) tingkat Kecamatan Tanjung Redeb, di pendopo kantor Kecamatan Tanjung Redeb, Kamis (09/03/2017) siang.

“Untuk rumah sakit, saya ingin bicara sedikit terbuka hari ini. 3 bulan pertama setelah dilantik, setiap hari Sabtu saya berkantor di rumah sakit,” ungkapnya di hadapan perwakilan kelurahan dan RT se-Kecamatan Tanjung Redeb, dan anggota DPRD Berau.

Dalam kunjungannya ke rumah sakit kala itu, Agus Tantomo terus melakukan evaluasi terkait kekurangan yang terjadi di rumah sakit plat merah tersebut. Kemudian, hasil dari evaluasi yang dilakukan, disampaikan kepada manajemen rumah sakit untuk menjadi pekerjaan rumah dalam waktu seminggu. Hal ini pun akan diperiksa setiap minggunya, untuk melihat perubahan yang telah dilakukan rumah sakit.

Dikatakannya, langkah ini merupakan salah satu upaya untuk membenahi pelayanan yang dilakukan rumah sakit secara bertahap. Karena, selama ini permasalahan yang sering dikeluhkan para pasien cukup bervariasi. Sehingga perlu ada target dalam menyelesaikan setiap masalah yang kerap dialami para pasien.

“Hasilnya, saya mendapati ada 5 masalah yang harus diselesaikan di rumah sakit,” katanya.

“Kemarin, waktu rapat mutasi dengan Bupati, saya bilang saya tidak terlalu pusing, siapa yang jadi direktur utama RSUD Abdul Rivai. Yang penting, bisa menyelesaikan 5 masalah ini,” sambung mantan Direktur Badan Pengelola Stadion Utama Palaran dan Stadion Madya Sempaja ini.

Diharapkan, melalui pembenahan yang bertahap seperti ini, pelayanan di rumah sakit kebanggaan masyarakat Bumi Batiwakkal ini, dapat diselesaikan hingga tuntas. Hal ini juga merupakan upaya awal untuk persiapan SDM, serta pelayanan maksimal, sebelum dibangunnya rumah sakit baru yang telah direncanakan pemerintah.

“Dan, direktur utama rumah sakit umum (Nurmin Baso Mandandan–red) sebelum dilantik, saya sudah panggil ke rumah saya. Saya minta 6 bulan ini, masalah rumah sakit harus selesai,” harapnya.

Saat itu, Wabup pun mengakui, masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dibenahi pemerintah terkait pelayanan kesehatan di rumah sakit ini, begitu juga pelayanan kesehatan yang ada di setiap puskesmas.

Karena itu, ia memastikan akan kembali melaksanakan rencana kerja yang sebelumnya dilakukan dirinya pasca dilantik sebagai kepala daerah bersama Bupati Berau, Muharram pada Februari 2016 lalu.

“Insya Allah bapak-ibu, nanti bulan 5, saya akan berkantor lagi di rumah sakit, setiap hari Sabtu, untuk melihat itu jalan atau tidak, ya 5 masalah itu. Kalau tidak, mengapa? Dan ini tidak ada urusan dengan adanya pergantian direktur umum RSUD Abdul Rivai. Yang paling penting,  kenapa dia tidak jalankan begitu?” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Andi Sawega/Editor: R. Amelia