Kasatpol PP : Jangan Segan Melapor Kalau Ada Anggota Satpol PP Berbuat Kasar

 

TANJUNG REDEB – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sekaligus Pembina Satpol PP, Tjahjo Kumolo, memberikan arahan kepada seluruh Satpol PP di setiap daerah, untuk tidak melakukan tindak kekerasan dan intimidasi kepada masyarakat saat menjalankan tugasnya.

Hal itu ditanggapi Kepala Satpol PP Berau, Ahmad Ismail, yang mengatakan arahan dari Mendagri tersebut sangat wajar, karena tidak menutup kemungkinan adanya anggota atau oknum Satpol PP yang dalam melaksanakan tugasnya, masih menggunakan pola keras dan cenderung kasar.

"Saya kira wajar kalau Mendagri mengingatkan hal ini. Karena kemungkinan ada saja oknum yang berbuat kasar kepada masyarakat saat melaksanakan tugas penegakan Perda di lapangan," ujarnya kepada beraunews.com, Kamis (09/03/2017).

BACA JUGA : Saat Bertugas, Satpol PP Diminta Tak Sakiti Masyarakat

Apa yang dikatakan Mendagri, juga akan menjadi bentuk tanggung jawab Satpol PP sebagai garda terdepan dalam penegakkan Perda, untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban di masyarakat.

"Karena Satpol PP harus tetap humanis, artinha pendekatan kemanusiaan harus tetap dilakukan dalam situasi apapun. Disiplin dan juga harus tegas, itu yang harus dijaga," ujarnya.

Jika sewaktu-waktu ada anggota atau oknum Satpol PP yang melakukan kekerasan dan intimidasi kepada masyarakat, sesuai dengan aturan dan displin, akan tetap diberi sanski sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Kemudian pihak bersangkutan akan diproses oleh Petugas Tindak Internal Komandan (PTI).

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak segan melaporkan kepada Kasatpol PP, jika ada anggota atau oknum Satpol PP yang memperlakukan masyarakat dengan tidak semestinya. Pihaknya siap memproses lebih lanjut terhadap laporan tersebut.

"Kalau ada yang merasa diperlakukan kasar dan sebagainya silahkan melapor ke saya. Jangan pernah takut atau segan. Silahkan catat nama oknum, hari, tanggal dan jam berapa kejadiannya. Akan kita tindak lanjuti," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia