Minimalkan Kebakaran, Damkar Bakal Dapat Reward

 

TANJUNG REDEB – Terkait imbauan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo kepada kepala daerah agar lebih memperhatikan gaji para petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang diungkapkan pada peringatan HUT Damkar ke-98 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (01/03/2017), mendapat tanggapan dari Bupati Berau, Muharram.

Dikatakannya, ia kurang sependapat dengan Mendagri, karena gaji pokok dan standar insentif antara seluruh pegawai harus sama. Namun, jika petugas Damkar mampu memadamkan kebakaran dengan cepat dan mampu meminimalkan kerugian harta benda, maka prestasi itu yang perlu diberi reward (hadiah-red).

"Kalau gaji pokok dan standar insentif kita samakan semua, karena Damkar juga PNS. Kecuali, mereka punya prestasi pasti akan kami berikan reward," ucapnya pada beraunews.com, Kamis (02/03/2017).

BACA JUGA : Mendagri Minta Gaji Petugas Damkar Lebih Tinggi dari PNS

Ia menambahkan, reward tersebut dapat berupa dana tambahan penghasilan untuk Damkar, atas prestasi-prestasi yang telah diraih.

"Sebab kalau dinaikkan gajinya melebihi yang lain, sementara sistem preventif (sistem pencegahan-red) masyarakat baik, maka boleh jadi dalam 1 tahun belum tentu ada kebakaran," lanjutnya.

Muharram juga telah memberikan imbauan kepada Damkar bahwa tugas terpenting mereka bukan saja bagaimana memadamkan api saat terjadi kebakaran, tetapi yang penting adalah bagaimana membuat program dan kegiatan yang mampu meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak terjadi kebakaran.

"Seharusnya Damkar membuat program untuk meminimalisir adanya kebakaran, ini jauh lebih penting daripada pemadaman itu sendiri," tutupnya.(bnc)

Wartawan: Rika WS/Editor: R. Amelia