Minim Dana, Disdukcapil Manfaatkan Mobil Operasional untuk Pelayanan Jemput Bola

 

TANJUNG REDEB – Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri terus mendorong daerah untuk melakukan inovasi dalam hal layanan jemput bola untuk menuntaskan perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Berdasarkan hal tersebut, Kadisdukcapil Berau Fredy Suryadie, melalui Kabid Pelayanan Capil Sabransyah menyampaikan, pihaknya sudah melakukan pelayanan jemput bola ke kampung-kampung yang ada di Kabupaten Berau.

“Kami sudah berusaha maksimal untuk jemput bola ke kampung-kampung. Tapi terkadang, ketika sudah dilaksanakan, masyarakatnya yang belum siap dan lamban,” tuturnya kepada beraunews.com, Sabtu (25/02/2017).

Dilanjutkannya, pihaknya sementara untuk tahun ini belum bisa mengunjungi kampung yang jauh dan sulit dilalui kendaraan roda 4. Pasalnya, dana yang tersedia sangat minim.

“Meskipun kondisi dana kita sangat minim, tapi kita tidak pasrah begitu saja. Kemungkinan kami nanti tetap berkoordinasi dengan kepala kampung dan aparat kampung yang bersangkutan, untuk lebih proaktif dalam menyampaikan hal-hal yang bersangkutan dengan kebijakan Kemendagri ini,” ucapnya.

Meskipun terkendala faktor geografis dan dana yang defisit, tetapi mobil operasional DisdukCapil ke depannya bisa digunakan untuk melayani masyarakat dalam membuat E-KTP di lapangan.

“Kami berupaya agar mobil kami ini bisa dioperasionalkan, karena saat ini ada beberapa alat pencetakan belum tersedia. Mudah-mudahan dengan anggaran yang ada ini kami bisa menutupi apa yang belum ada dan bisa langsung ke lapangan,” lanjutnya.

Dengan adanya jemput bola ini, Disdukcapil berharap dapat membantu masyarakat, khususnya di daerah perkampungan dengan pelayanan yang baik dan waktu yang seefisiensi mungkin.(bnc)

Citizen Jurnalis: Catur Indra LP/Editor: R. Amelia