Dishub Usulkan Penyediaan Bus Bagi Kampung

 

TANJUNG REDEB – Guna mempermudah akses transportasi di wilayah pedalaman, pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan Berau, mengajukan pengadaan transportasi masal di wilayah pedesaan, kepada kementerian desa dan pembangunan daerah tertinggal.

Kepala Dishub, Abdurrahman Ullang yang dikonfirmasi, membenarkan adanya usulan yang diajukan pihaknya terhadap Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dari total pengajuan yang berada di pedalaman mencapai 13 unit, dan saat ini pihaknya telah mengantongi bantuan 4 armada bus.

“Usulan ini kita rancang untuk mempermudah masyarakat beraktivitas, serta memudahkan anak-anak yang berada di kampung terpencil untuk menuju sekolah dan sampai sekarang baru 4 unit kami dapat, dan sisanya saat ini kami sedang dalam proses, mudahan tercapai semua,” ungkapnya kepada beraunews.com saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Selasa (21/02/2017).

Ia juga menjelaskan, jika nantinya kampung terpencil yang akan mendapatkan bantuan bus ini hanya kampung-kampung tertentu dan sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Hal tersebut dikarenakan bus yang akan diserahkan ke masing-masing kampung nantinya akan dikelola oleh Bumdes.

“Mengenai biaya operasional dan yang lainnya akan dikelola Bumdes, dan Dishub hanya sebagai perantara penyedia transportasi. Kita juga akan melihat Bumdes dari masing-masing kampung, dan itu akan kita prioritaskan untuk mendapat bantuan, karena kita juga harus melihat kesanggupan dari mereka. Selain itu juga kita akan pantau terus perkembangannya, jangan sampai ini barang mangkrak,” imbuhnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini, masyarakat bisa memanfaatkan kendaraan yang ada dan dapat membantu aktivitas masyarakat, karena telah diketahui sendiri transportasi di perkampungan memang sangat dibutuhkan, baik untuk bekerja maupun untuk bersekolah.

“Bantuan ini akan dilakukan secara bertahap, sebab setiap kampung harus memenuhi syarat yang telah diberikan, salah satunya memiliki Bumdes,” jelasnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia