Gotong Royong Sekaligus Pekenalkan Pendamping Kampung

 

TALISAYAN – Minggu (19/02/2017) sekitar pukul 08.30 Wita, dilakukan kegiatan gotong royong di sekitar pantai yang berada di Kampung Talisayan Kecamatan Talisayan. Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya pemerintah kampung dan masyarakat saja, bahkan semua kepala kampung yang ada di Kecamatan Talisayan juga terlibat dalam kegiatan tersebut.

Disampaikan Camat Talisayan, David Pamudji, kegiatan gotong royong gabungan tersebut memang baru diberdayakan di wilayah Talisayan. Demi mencanangkan agenda tersebut, ia mengatakan, setiap kampung akan melakukan gotong royong seluruh kepala kampung secara bergiliran, dengan durasi sebulan sekali.

“Pencanangan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti instruksi dari Bupati Berau. Setiap bulan digilir setiap kampung sesuai dengan jadwal yang telah disepakati,” bebernya.

Menurutnya, dalam kegiatan itu, selain mempererat tali silaturahmi antar setiap pemerintah kepala kampung dan masyarakatnya, juga secara tidak langsung melestarikan budaya gotong royong yang kini sudah mulai banyak ditinggalkan.

“Kegiatan ini sangat positif, dan kita ingin masing-masing kepala kampung bersama masyarakat di kampungnya setidaknya lebih aktif lagi melakukan kegiatan gotong royong di wilayahnya, demi kebersihan lingkungan kampung,” ungkapnya.

Selain kegiatan gotong royong, agenda tersebut juga dirangkai dengan pengenalan serta serah terima 4 sarjana patriot negeri dari camat kepada kepala kampung yang hadir. Dijelaskannya, keempat orang tersebut nantinya akan membantu seluruh kepala kampung yang ada di wilayah Talisayan, dalam menjalankan kegiatan pemerintah kampung.

Dengan adanya sejumlah pendamping kampung tersebut lanjut dia, diharapkan, mampu memberikan konstribusi positif bagi pengembangan kampung yang ada di wilayah Kecamatan Talisayan.

“Mereka akan ditempatkan di 10 kampung. Penempatan pendamping dari Patriot Negeri ini, juga merupakan program dari Bupati dan Wakil Bupati Berau, dalam rangka membantu pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan kampung,” jelasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia