Berbeda dengan Lainnya, Bupati Berau Justru Bijaksana Sikapi Hasil LHE AKIP

 

TANJUNG REDEB – Kenyataan Kabupaten Berau mendapat predikat “C” Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2016 tak dapat ditampik. Bahkan, jika kebijakan penahanan Dana Alokasi Khusus (DAK) oleh pemerintah ke Pemda, terpaksa harus diterima sebagai konsekuensi pil pahit dari predikat “C” ini.

Tetapi, hal ini disikapi dengan sangat bijaksana oleh Bupati Berau Muharram. Meskipun makna dari predikat “C” itu sebenarnya menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang masih banyak memerlukan perbaikan, jika dihubungkan dengan capaian kinerja kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan, yang berorientasi pada hasil di Pemkab Berau, nyatanya tak terlalu membuat orang nomor 1 di Berau ini kebakaran jenggot.

BACA JUGA : Berau Predikat “C” LHE AKIP 2016, DAK Terancam Ditunda

Jika di hampir seluruh kabupaten/kota se-Indonesia yang juga meraih predikat “C”, Kepala Daerahnya kebanyakan mengkritisi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pemerintah daerahnya, sementara Muharram justru tidak menyalahkan, bahkan ia meyakini seluruh ASN telah bekerja dan berusaha dengan maksimal serta mendukung segala upaya peningkatan akuntabilitas mendatang ASN Pemkab Berau agar predikat “B” dapat diraih untuk tahun-tahun mendatang.

Contohnya, LHE-AKIP milik Pemkab Kampar, Riau, yang juga mendapatkan predikat “C”. Penjabat Bupati Kampar Syahrial Abdi, mengatakan jika hasil ini masih belum ada perubahan seperti tahun sebelumnya. Tetapi, menurutnya, hal ini dikarenakan kurangnya kinerja dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang dianggapnya kurang paham dengan apa yang dimaksud dengan akuntabilitas kinerja itu.

"Kita sudah berusaha semaksimal mungkin, dan semuanya juga sudah melakukan yang terbaik. Tetapi kalau konsekuensinya dari rapot buruk ini adalah penahan DAK, ya mau bagaimana lagi?" ungkap Muharram, seperti beberapa waktu lalu ketika ditanya mengenai hal ini.(bnc)