Usai Mendata, Kapal yang Ditumpangi Pegawai BPS Tenggelam di Biduk-Biduk

 

BIDUK-BIDUK – Sebuah kapal tenggelam di sekitar perairan Biduk-Biduk pada Jumat (10/02/2017) kemarin, sekitar pukul 07.00 Wita. Belum diketahui penyebab kecelakaan laut tersebut. Namun diduga kapal tenggelam lantaran mengalami kebocoran dan gelombang yang cukup tinggi.

Berdasarkan informasi, kapal tersebut melaju dari arah Pulau Balikukup, namun setelah berada tidak jauh dari perairan Biduk-Biduk, kapal itu tenggelam. Beruntung dalam peristiwa itu tak ada korban jiwa.

Saat dikonfirmasi, Camat Biduk-Biduk Syafri, membenarkan kabar tenggelamnya kapal tersebut. Ia mengatakan, kapal tersebut disewa oleh petugas dari Badan Pusat Statistik (BPS) Berau untuk melakukan pendataan di Kampung Balikukup di Kecamatan Batu Putih.

“Nah, setelah pulang dari Balikukup itu kapalnya tenggelam, penumpang ada sekitar 7 orang. Jaraknya sekitar satu kilometer dari pantai Biduk-Biduk,” ungkapnya kepada beraunews.com, Sabtu (11/02/2017).

 

Sementara itu, Kapolsek Biduk-Biduk AKP Suradi menyampaikan, ada sekitar 7 orang penumpang yang berada di dalam kapal. Disampaikannya, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Semua penumpang beserta juru kemudi berhasil selamat.

“Semua penumpang berhasil diselamatkan oleh nelayan pemancing yang melihat kejadian itu,” ujarnya.

Peristiwa kecelakaan laut tersebut sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Beberapa waktu lalu, juga pernah terjadi kecelakaan laut di sekitar perairan Kecamatan Biduk-Biduk. Guna mengantisipasi kejadian tersebut kembali terjadi, pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak melaut untuk selalu berhati-hati. Disamping itu, dirinya juga menyarankan untuk selalu rutin melakukan pengecekan kapal yang akan dibawa guna mengetahui apakah kapal tersebut layak untuk dibawa melaut atau tidak.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia