Tak Ada Dasar, Parkir Liar Tak Bisa Ditindak

 

TANJUNG REDEB – Masih banyaknya warga yang memarkirkan kendaraannya dengan sembarangan di sejumlah ruas jalan, sering kali mengakibatkan kemacetan. Bahkan, meskipun terdapat rambu larangan parkir, namun tetap saja ada warga yang memarkirkan kendaraan. Inilah yang menuai protes dari sebagian pengguna jalan lain.

Esan misalnya, salah seorang pengguna jalan mengaku, jika saat ini mulai banyak kesemrawutan akibat dari kendaraan yang diparkir sembarangan. Dimana berdampak kepada arus lalu lintas di jalan, yaitu macet. Padahal, pada jam-jam tertentu, masyarakat memiliki aktivitas lalu lalang yang cukup tinggi.

“Sudah saatnya ada pembenahan, karena jumlah kendaraan semakin bertambah setiap tahunnya. Jadi tidak ada lagi mobil atau motor yang parkir sembarangan seperti ini,” ujarnya kepada beraunews.com, Senin (30/01/2017).

Hal senada juga diutarakan Latief, warga Jalan Mangga II. Ia sering kesal dengan banyaknya kendaraan yang parkir sembarangan. Terlebih ketika sejumlah kendaraan parkir di depan warung makan miliknya, dengan alasan melakukan bongkar muat. Tentu saja hal ini sangat menganggu, dan membuat lapak miliknya terhalang.

“Pasti kita rugi, karena tidak bisa terlihat dari luar. Sudah sering kita sampaikan kepada pemilik kendaraan dan toko sembako itu, tapi tidak pernah digubris. Harus ada tindakan tegas lah dari pemerintah,” keluhnya.

Menyikapi persoalan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Berau Abdurrahman Ullang mengatakan, saat ini pihaknya belum bisa melakukan tindakan tegas terhadap pengendara yang sering parkir sembarangan. Hal itu lantaran belum adanya dasar hukum yang bisa dijadikan acuan pihaknya untuk menegakkan aturan.

“Sejauh ini kita hanya menggunakan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pengaturan Parkir. Di sana tidak ada sanksi tegas. Kita sekarang masih susun Peraturan Daerah (Perda) untuk mengatur sanksinya. Jadi, sekarang ini yang kita lakukan cuma sebatas imbauan dan teguran lisan,” jelasnya.

Dari pantauan di lapangan, kesemrawutan lalu lintas akibat parkir sembarangan ini sering kali terlihat di kawasan Jalan Mangga II, Durian II, Durian III, Jalan Jend. Sudirman, Teuku Umar dan AKB Sanipah. Mengatasi persoalan ini, Dishub sudah memasang rambu larangan parkir di sepanjang jalur yang memang ramai dilalui kendaraan, namun masih ada saja kendaraan yang nekat melanggar.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia