Waduh, Disdukcapil Dilanda Dilema

 

TANJUNG REDEB – Saat ini masyarakat yang sudah melakukan perekaman E-KTP mencapai 7.000 orang. Namun, blanko E-KTP belum tersedia di Dinas Kependidikan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau.

Kepala Disdukcapil Berau, Fredy Suryadie mengatakan, perekaman E-KTP sendiri sudah sejak beberapa bulan lalu. Namun, hingga kini pengajuan blanko belum tiba karena menunggu hasil lelang di pusat.

BACA JUGABlangko E-KTP Akan Tersedia Februari Ini      

“Tahun 2016, lelang blanko gagal, dan informasi terakhir akan ada lelang kembali untuk 20 juta blanko pada akhir Januari atau awal Februari 2017 ini,” ungkapnya saat ditemui beraunews.com di ruang kerjanya.

Dikatakannya, dengan kondisi ini membuat dilema pihak Disdukcapil nantinya. Jika blanko datang apakah akan langsung dicetak E-KTP yang sudah melakukan perekaman, atau menunggu orangnya datang ke dinas.

“Nanti akan jadi dilema kami, kalau langsung dicetak khawatir orangnya tidak datang, dan kalau kami tidak cetak langsung, maka akan berebutan dan memperlambat pelayanan,” tambahnya.

BACA JUGA : Ratusan KTP Dicetak Tahun 2015 Tak Diambil Pemiliknya

Selain masalah blanko, Fredy juga khawatir saat blanko datang dan masyarakat mulai membeludak untuk membuat KTP, jaringan internet kurang bersahabat. Kondisi itu jelas akan membuat pelayanan terhambat dan memperlambat.

“Kami harap ada dukungan dari pihak lain seperti masalah jaringan internet. Kalau blanko sudah ada tapi jaringan putus, pelayanan juga putus,” terangnya.

Fredy mengaku blanko yang diajukan pihaknya sekitar 8.000 keping, dan itu belum tentu disetujui semuanya. Jika memang direalisasikan, hanya setengah dari pengajuan, maka bisa dipastikan pihaknya memutar otak untuk mencetak KTP.

“Masalah lain, kalau blanko yang kami ajukan tidak direalisasikan semuanya, otomatis kami bingung. Tapi kalau cetak duluan dan yang datang justru masuk dalam daftar belum dicetak, bagaimana? dan sedangkan yang sudah dicetak malah tidak datang,” bebernya.

BACA JUGA : Perekaman E-KTP Diperpanjang, Habis Rekam Fisik KTP Diantar Petugas

Pihaknya tetap berharap, pengajuan blanko ke pusat bisa terealisasi secepatnya, dan sesuai harapan. Agar masyarakat yang sudah menunggu berbulan-bulan untuk cetak KTP, bisa segera dilakukan.

“Semoga bisa secepatnya, dan sesuai kebutuhan kita di sini,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Dedy Warseto/Editor: R. Amelia