Bupati Instruksikan Gerakan Salat Berjamaah

 

TANJUNG REDEB – Sebagai salah satu daerah yang mayoritas berpenduduk muslim, Bupati Berau, Muharram mengimbau kepada seluruh masyarakat muslim untuk melaksanakan salat wajib di awal waktu secara berjamaah.

Hal itu dikatakannya sebagai tanggung jawab dirinya mengingatkan kepada masyarakatnya agar senantiasa tetap memelihara salatnya. Namun saat ini, yang terpenting baginya ialah melakukan edukasi terlebih dahulu lewat gerakan semangat salat berjamaah di masjid-masjid yang ada di Berau.

Baik seluruh lingkungan SKPD, organisasi masyarakat (ormas), hingga sekolah-sekolah diharapkannya dapat melaksanakan kewajiban beribadah tersebut dengan ikhlas atas kesadaran diri sendiri.

"Salat adalah yang paling penting dan sama sekali tidak boleh ditinggalkan. Maka sesama muslim kita wajib saling mengingatkan ketika ada yang lupa. Langkah awal adalah menggerakkan semangat salat berjamaah di masjid atau di surau yang ada di kantor-kantor," ujarnya kepada beraunews.com, Sabtu (28/1/2017).

Selain itu, adanya ormas-ormas Islam di Berau juga dikatakannya harus lebih senantiasa eksis dan konsisten dalam melakukan dakwah serta pembinaan secara masif agar tumbuh rasa malu ketika seseorang tidak melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim.

"Insya Allah pada saatnya nanti muncul perasaan malu kalau tidak salat, khususnya bagi kaum lelaki yang tidak salat berjamaah, sementara tetangga dan temannya mayoritas sudah laksanakan salat berjamaah," ungkapnya.

Jika kesadaran masyarakat muslim dapat tumbuh dan meningkat, ia yakin Berau dapat menjadi daerah yang jauh dari kebobrokan moral dan masyarakatnya terhindar dari perbuatan yang dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Kalau adzan berkumandang, hentikan segala aktivitas duniawi kita. Laksanakan salat berjamaah agar kita senantiasa mendapat berkah. Kalau kondisinya demikian, Insya Allah tanpa surat imbauan resmi pun akan tercipta suasana sebagaimana yang diharapkan," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia