Tahun 2016, Dispenda Berau Luncurkan Empat Aplikasi

TANJUNG REDEB – Selain akan meluncurkan aplikasi mobile bayar pajak berbasis android dengan nama “Sipatuh Hore” atau bisa disebut “SIM Hore” di tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) juga bakal memiliki tiga aplikasi lainnya, yakni SI PKL CAKEP, SIMPALAK, dan SI CANTIK RINDA.

Kepala Dispenda Berau, Maulidiyah mengungkapkan ketiga aplikasi itu merupakan sistem informasi dan kinerja pegawai Dispenda serta SKPD Pemkab Berau lainnya yang bisa dioperasikan melalui sistem operasi pada umumnya yang digunakan perkantoran. Bahkan kedepannya akan mudah diakses melalui perangkat mobile, sehingga setiap pegawai Pemkab Berau, khususnya Dispenda bisa terus meningkatkan kinerjanya dalam bekerja.

“Ketiga aplikasi ini adalah inovasi yang dibuat pegawai Dispenda Berau dalam rangka pemenuhan tugas Diklat Kepimpinan Eselon IV. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja SKPD dan tidak bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan. Saya mendukung dan berharap agar RPP (Rencana Proyek Perubahan-red) ini dapat diimplementasikan sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi atau tupoksi masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Penyusunan Program Dispenda, Jauhariyah yang berinovasi membuat aplikasi “SI PKL CAKEP” ini menjelaskan, program itu merupakan sistem peningkatan kualitas laporan capaian kinerja kegiatan program.

“Ini dalam rangka menjamin inovasi perubahan agar laporan program kegiatan bisa berjalan secara efektif, efesien, dan akuntabel serta bertanggung jawab. Kemudian, demi untuk mewujudkan laporan tertib administrasi pelaksanaan program kegiatan maka sampaikanlah program kegiatan dengan tepat waktu,” jelasnya seraya mengatakan apabila program ini terlaksana dengan baik maka kinerja pegawai Pemkab Berau khususnya Dispenda akan terus meningkat dan lebih baik lagi.

Sedangkan, Kasubag Keuangan Dispenda, Lisdiana yang memiliki inovasi menciptakan “SIMPALAK” mengatakan, aplikasi ini merupakan sistem monitoring percepatan realisasi laporan keuangan.

“Program ini menjadikan pengelolaan keuangan yang profesional, modern, dan akuntabel guna mewujudkan sistem keuangan yang efektif dan efesien. Artinya pembuatan dan laporan Surat Pertanggungjawaban (SPj) keuangan akan cepat, tepat dan akurat sehingga tercapai administasi keuangan yang lebih baik,” katanya.

Terakhir, Kepala Seksi (Kasi) Pembukuan dan Pelaporan Dispenda, Evi Purwaning Kusuma Astuti yang juga akan meluncurkan “Si Cantik Rinda” menambahkan, sistem pencatatan dan informasi penerimaan daerah yang dibuatnya akan mempermudah koordinasi antara bidang-bidang di SKPD Pemkab Berau, khususnya di Dispenda sendiri.(sai)