Camat Ingatkan Kepala Kampung Lebih Transparan Gunakan ADK

 

TALISAYAN – 10 kampung di Kecamatan Talisayan menggelar Musrenbang kampung serta penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kampung (RKAK), dan Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBK) mulai 20 Januari hingga 30 Januari mendatang. Dalam setiap pertemuan yang digelar bersama kepala kampung, Camat Talisayan David Pamudji selalu mengingatkan para aparat pemerintah kampung terkait penggunaan Alokasi Dana Kampung (ADK).

Sebab kata dia, dengan jumlah ADK yang cukup besar, perlu pengadministrasian yang baik. Untuk itu pihaknya siap memberikan pendampingan, bimbingan, maupun memfasilitasi, dan mengarahkan pemerintah kampung agar dana ADK dapat dipergunakan dengan benar.

"Agar rumusan pembangunan kampung dapat benar-benar sesuai. Sebab, dana ADK memiliki aturan, dan penggunaannya juga harus sesuai dengan peraturan yang berlaku," ungkapnya saat menghadiri Musrenbang di Kampung Sumber Mulya dan Kampung Eka Sapta, baru-baru ini.

Dikatakannya, saat ini kampung sendiri sudah merupakan otonomi, yang artinya dengan menggunakan dana ADK, pemerintah kampung berhak merumuskan dan menggunakan dana ADK sesuai dengan kebutuhan kampung. Disamping itu, pihaknya juga meminta agar kepala kampung dapat mengelola ADK sesuai dengan prosedur, dan jangan sampai menyelewengkan dana tersebut.

"Dengan harapan dana itu dapat digunakan secara efektif dan efisien, agar membuat kampung menjadi mandiri. Karena salah penggunaan, bisa mengarah ke pidana," bebernya.

Tidak itu saja, pihaknya juga meminta dalam setiap pengelolaan ADK, pemerintah kampung lebih transparan kepada masyarakat.

"Begitu selesai menggunakan dana ADK, harus diekspos ke masyarakat, agar dana itu jelas ke mana arahnya. Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman di tengah masyarakat," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia