Awal Februari, DPMK Mulai Roadshow 100 Kampung, Bupati-Wabup Turut Serta

 

TANJUNG REDEB – Sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau yang baru, Ilyas Natsir memang telah menyusun konsep dan rencana kerja. Salah satunya yakni, kunjungan kerja (kunker) daerah ke 100 kampung yang ada di Kabupaten Berau guna melihat potensi setiap kampungnya.

Tampaknya, itu juga seiring-sejalan atas apa yang menjadi keinginan Bupati Berau, Muharram dan Wakilnya, Agus Tantomo, pasca dilantik sebagai kepala daerah pada Februari 2016 lalu.

“Iya, seperti itu. Awalnya waktu kita pindah ke sini, memang punya rencana keliling kampung. Ternyata, Pak Bupati-Wakil Bupati juga ingin mengunjungi kampung. Ya cocok sudah, mudah-mudahan nanti hasilnya bagus dan tahun ini semakin baik kampungnya. Semakin mandiri sedikit demi sedikit, tidak semua bisa langsung mandiri tapi harus dibina sedikit demi sedikit,” ungkap Ilyas Natsir saat ditemui beraunews.com di ruang kerjanya, Rabu (25/01/2017) siang.

Dalam kunker itu, jelas Ilyas, pihaknya akan membahas terkait rencana pengelolaan keuangan kampung tahun 2017, evaluasi keuangan kampung tahun 2016, sekaligus melihat langsung potensi yang ada di kampung, yang dapat dikembangkan menjadi produk unggulan kampung.

Selain itu, kunker itu juga akan dirangkai dengan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kecamatan dan Kampung. Selanjutnya, melihat perkembangan Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) yang ada di masing-masing kampung.

“Termasuk, juga diantaranya aparat-aparat kampung, seperti apa mereka? Apakah sudah mampu mengelola keuangannya atau belum? Itu nanti akan kita monitor, mudah-mudahan semua bidang di DPMK ini bisa hadir,” jelasnya.

DPMK Berau sendiri, lanjut Ilyas, juga akan memberikan arahan secara singkat dan ringkas serta pembinaan, terkait tata cara pengelolaan keuangan kampung, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pemberdayaan organisasi kelembagaan masyarakat dan lainnya.

“Itu saja yang akan kita lakukan, mudah-mudahan nanti setelah pulang dari keliling kampung, sudah ada program yang sesuai dengan potensi-potensi di kampung yang ada itu,” lanjutnya.

Terkait jadwal pasti dimulainya roadshow 100 kampung itu, tambah Ilyas, ia belum bisa memberikan kepastian. Namun, di awal Februari bisa dipastikan akan ada kunker ke salah satu kampung, khususnya kampung yang berada di kecamatan terdekat.

“Nanti kita lihat, kita susun jadwalnya dulu. Nanti kita akan koordinasikan lagi dengan Humas (Setkab Berau-red), dan, di Humas sebagai protokol Bupati di sana, nanti akan kita lihat. Kemudian, kita koordinasikan, yang mana yang akan dikunjungi terlebih dulu,” tambahnya.

Apakah roadshow 100 kampung itu akan berlangsung selama satu bulan atau lebih? Ditanya begitu, Ilyas juga tidak bisa memastikan. Yang jelas, ia berharap seluruh kampung di Kabupaten Berau, yang berjumlah 100 kampung dapat dikunjungi semuanya.

Sebab, kunker DPMK itu juga menjadi program perdana Bupati Muharram dan wakilnya, Agus Tantomo dalam mengunjungi 100 kampung pasca resmi menjadi kepala daerah.

“Itu harapan kita. Mudah-mudahan kepala kampung dan stafnya serta masyarakat mendukung rencana itu. Dan, nanti akan kita upayakan segala permasalahan yang ada di kampung dapat diselesaikan secara bersama-sama, maunya seperti itu,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Andi Sawega/Editor: R. Amelia