Terapkan PPK, Disdik Akan Sosialisasi Gerakan Salat Fardu Berjamaah

 

TANJUNG REDEB – Menindaklanjuti program kebijakan Pemerintah Pusat berkaitan dengan revolusi mental, dan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tentang dibentuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan kebudayaan dalam upaya peningkatan akhlak mulia dan pembangunan karakter bangsa, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Berau, Armyn Zulkiflie, mengadakan rapat terkait kebijakan dari Mendikbud tersebut.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Perwakilan MUI Berau, Ulama, perwakilan Kemenag Berau dan pegawai Disdik Berau, pejabat struktural, serta perwakilan dari berbagai sekolah dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Kami tadi sudah rapat mengenai kebijakan apa yang akan kami ambil dalam menerapkan PPK tersebut, yaitu dengan cara Gerakan Salat Fardu Berjamaah awal waktu di Masjid terdekat. Jadi, rapat ini sebenarnya awal untuk meminta saran dan pertimbangan dari mereka terkait keputusan tersebut,” ungkapnya kepada beraunews.com usai rapat, Selasa (24/01/2017).

Menurutnya, hal tersebut dilakukan karena selain daripada menindaklnjuti kebijakan dari Mendikbud tersebut, juga untuk menjalankan Firman Allah SWT yang telah tertulis di dalam Al-Qur’an, Surah Adz Dzariyat : 56, “Dan tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada- Ku”.

“Maka dari itu untuk memperbaiki itu semua, dimulai dari salat berjamaah awal waktu. Kalau salatnya baik, Insya Allah semuanya akan baik,” tambahnya.

 

Bahkan, lanjutnya, untuk mencapai PPK dan kebudayaan dalam upaya peningkatan mulia dan pembangunan karakter bangsa tersebut, pihaknya akan mensosialisasikan Gerakan Salat Fardu Berjamaah awal waktu ini di berbagai kalangan.

“Jadi yang menjadi target kami untuk menerapkan gerakan salat fardu berjamaah ini adalah, pegawai Dinas Pendidikan Kabupten Berau, lingkungan dinas, kepala sekolah, guru, dan siswa, baik itu SMA, SMP, SD, TK dan PAUD,” tuturnya.

Ia berharap, ke depannya semua elemen masyarakat terutama target dari Disdik Berau dapat melaksanakan kebijakan tersebut. Sehingga bukan hanya berhasil dalam mewujudkan PPK, namun juga berhasil dalam menjadi manusia yang bertaqwa.

“Saya berharap, semua pegawai, baik guru siswa maupun lainnya outputnya dapat melaksanakan salat 5 waktu secara berjamaah dan istiqomah, sedangkan outcomenya, mereka bisa menjadi manusia yang bertaqwa dan berakhlak mulia,” pungkasnya.(bnc)

Citizen Jurnalis: Catur Indra LP/Editor: R. Amelia