Dishub Berau Bakal Ajukan Mata-Mata Lalu Lintas

 

TANJUNG REDEB – Dalam rangka memudahkan pengawasan, pengontrolan, dan pengamanan di jalan raya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Berau, Abdurrahman Ullang, akan memasang perangkat CCTV (Close Circuit Television) di setiap lampu lalu lintas yang ada di Kabupaten Berau.

“Untuk saat ini, pengadaan adanya CCTV itu, masih dalam perencanaan. Namun, kami tetap mengajukan untuk diadakannya perangkat tersebut. Jika pengajuan ini diterima, maka otomatis akan kami realisasikan segera,” ungkapnya kepada beraunews.com, Senin (23/01/2017).

Sambil menunggu diterimanya pengajuan pengadaan CCTV tersebut, pihaknya sudah menyiapkan ruangan yang nantinya akan digunakan sebagai server.

“Kami sudah siap menjadikan Berau ini kabupaten yang berbasis IT. Salah satunya seperti direncanakannya pemasangan CCTV ini,” lanjutnya.

Dengan hadirnya CCTV nanti, Dishub Berau akan lebih mudah memantau kondisi arus lalu lintas di jalan raya. Bahkan, lebih cepat mengetahui informasi apapun yang ada di jalan raya dan kerusakan yang sering terjadi di lampu lalu lintas.

“Sebenarnya CCTV ini, untuk memudahkan kami mengontrol, meninjau dan memantau keadaan yang ada di jalan raya. Jadi, anggota yang biasanya standby di persimpangan jalan untuk mengamankan arus lalu lintas, kini cukup memonitor dari CCTV saja,” ucapnya.

Ia berharap, pengajuan ini segera terealisasi. Pasalnya, jumlah kendaraan di Kabupaten Berau semakin meningkat. Akibatnya, tingkat kecelakaan dan keamanan sangat rawan.

“Kalau nanti bisa terwujud, maka arus lalu lintas ini bisa kita monitor dan masyarakatnya terjamin kemanan dan perlindungannya di jalan raya, seperti misalnya dari kemungkinan jambret atau tabrakan. Jadi, segala sesuatunya itu cepat terlayani jika ada kejadian di jalan raya,” tutupnya.(bnc)

Citizen Jurnalis: Catur Indra LP/Editor: R. Amelia