Camat Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan

 

TANJUNG REDEB – Kecamatan Tanjung Redeb bersama Tim Penggerak PKK, akan menggalakan program rumah tangga lestari. Dalam program ini, masyarakat akan diajak menghijaukan pekarangan rumah masing-masing, dengan menanam berbagai sayuran.

Hal itu disampaikan Camat Tanjung Redeb, Yudha Budi Santosa, dalam kegiatan pisah sambut pejabat lama dengan yang baru, Rabu (18/01/2017) pagi. Dihadapan pegawai, ia menegaskan, program ini akan dimulai dengan penanaman di lingkungan kecamatan terlebih dahulu. Kemudian diikuti seluruh pegawai, hingga akhirnya turun ke masyarakat.

“Jadi di sini (kantor) dulu kita jalankan serta rumah dinas, setelah berhasil baru ke masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, program ini akan membantu pemerintah dalam memaksimalkan potensi lahan yang ada di setiap rumah tangga. Meskipun rumah tidak memiliki pekarangan luas, tapi masyarakat bisa menjalankan program ini dengan penanaman di polybag. Apalagi sayuran yang masuk dalam program ini merupakan tanaman yang mudah dipelihara dan dikembangkan.

“Bisa sawi atau cabai yang lebih gampang ditanam. Masyarakat pun bisa menikmati hasilnya dan tidak perlu lagi untuk membeli ke pasar,” tuturnya.

Ia menegaskan, program ini masuk dalam kegiatan pengembangan kawasan hijau di perkotaan. Dengan pemenuhan program ini, maka perwujudan pemenuhan ruang terbuka hijau minimal 30 persen, dapat tercapai.

“Kalau sekarang kemungkinan belum sesuai target 30 persen ini. Tapi, bisa kita lakukan dengan ruang terbuka hijau privat (tanaman sayuran),” imbuhnya.

BACA JUGA : Camat Tanjung Redeb Upayakan RTH Hingga 30 Persen

Selain itu, pemerintah kecamatan pun akan menggalakan program bank sampah. Dimana saat ini jumlah sampah cukup tinggi. Dengan adanya bank sampah ini akan mengendalikan lonjakan sampah di masyarakat. Apalagi bank sampah juga bisa dikelola sebagai salah satu usaha yang menghasilkan pundi-pundi rupiah, dengan mendaur ulang sampah-sampah bekas.

“Dua program ini akan kita gencarkan dalam waktu singkat hingga ke depannya. Target harus kita capai sesuai perencanaan yang telah kita susun,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia