Dishub Upayakan Pelni Dapat Berlabuh di Tanjung Batu

 

TANJUNG REDEB – Rencana pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan, untuk pelayaran kapal penumpang milik PT Pelni, masih terus diupayakan Dinas Perhubungan (Dishub) Berau. Meskipun, sebagian pihak menilai sulit terwujud akibat berbagai kendala yang mempersulit realisasi rencana tersebut.

Seperti, masih maraknya bagan tancap milik warga di alur laut perairan Pulau Derawan. Padahal, fasilitas pelabuhan yang dibangun Pemkab Berau itu, sudah memiliki izin operasi dari Kementerian Perhubungan sejak 2013 lalu.

“Untuk Pelni Tanjung Batu ini masih tahap koordinasi lagi dengan Pelindo. Jadi, yang menjembatani untuk Pelni ini dari Pelindo,” ungkap Kepala Dishub Berau, Abdurrahman Ullang saat dihubungi beraunews.com, Rabu (18/01/2017).

 

Terkait kesiapan pelabuhan dari sisi darat sendiri, tegas Abdurrahman, sepenuhnya telah dipersiapkan. Hanya saja masalah bagan tancap cukup menjadi hambatan yang berarti. Namun, diyakininya kapal penumpang milik PT Pelni dapat berlabuh di pelabuhan tersebut.

“Tapi, pada prinsipnya, kalau dipandu mereka bisa masuk,” tuturnya.

Apakah di tahun ini rencana tersebut akan terealisasi? Ditanya begitu, Abdurrahman menjelaskan, pihaknya akan melihat kondisi dan perkembangan kedepannya. Namun, sesuai kesepakatan bersama dengan PT Pelindo IV (Persero) Cabang Tanjung Redeb Berau, realisasi rencana itu memang diupayakan dapat terlaksana di tahun 2017.

 

Begitu juga terkait rute pelayaran yang akan dilayani kapal penumpang milik PT Pelni, akan disesuaikan dan dikoordinasikan dengan pihak PT Pelindo. Beberapa perusahaan, tambah Abdurrahman, juga telah ada yang menyampaikan ketertarikannya untuk membuka jadwal pelayaran baru dari dan ke Pelabuhan Tanjung Batu.

“Kita belum melihat perusahaan-perusahaan mana saja yang mau masuk, ini akan kita jajaki lagi dengan Pelindo, karena kemarin itu ada beberapa perusahaan yang berminat. Hanya saja belum ada jadwal pastinya. Kemudian, dari rute yang mereka akan lalui, itu nanti akan kita sesuaikan dan koordinasikan dengan pihak Pelindo,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Andi Sawega/Editor: R. Amelia