Bupati Serahkan Panji Keberhasilan Pembangunan ke SKPD

 

TANJUNG REDEB – Kabupaten Berau menerima tujuh panji keberhasilan pembangunan dari Pemprov Kaltim yang diserahkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak kepada Bupati Berau Muharram, pada HUT ke 60 Kaltim, 9 Januari 2017 lalu. Tujuh panji keberhasilan diantaranya, di bidang tanaman pangan, bidang pembangunan peternakan, bidang kelautan dan perikanan, bidang pembinaan dan penyelenggaraan pemerintah desa, bidang tata kelola arsip, bidang pariwisata kategori kabupaten dan bidang kehutanan.

Diraihnya tujuh panji, menempatkan Kabupaten Berau pada peringkat ketiga dari 10 kabupaten/kota penerima panji keberhasilan pembangunan. Melalui apel gabungan di jajaran Pemkab Berau, Selasa (17/01/2017), Muharram menyerahkan panji keberhasilan pembangunan kepada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membidangi.

Panji keberhasilan ini diserahkan Bupati kepada kepala dinas yang memimpin di tahun penilaian, yaitu tahun 2016. Seperti panji keberhasilan pembangunan pembinaan dan penyelenggaraan pemerintah desa, yang diserahkan kepada Datu Kesuma, selaku mantan kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMPK) Berau.

Selain panji keberhasilan pembangunan, Muharram juga menyerahkan trophy dan piagam penghargaan kepada SKPD yang meraih peringkat kedua dan ketiga. Diantaranya, sebagai peringkat kedua dalam bidang kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah kategori kabupaten, bidang perdagangan, bidang kesejahteraan rakyat, dan bidang penanggulangan kemiskinan. Peringkat ketiga pada bidang perkebunan, bidang industri, bidang pembangunan ketahanan pangan, serta bidang perpustakaan dan minat baca.

 

Muharram juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemkab Berau, yang telah meraih panji keberhasilan pembangunan. Prestasi ini disampaikannya merupakan buah dari kerja semua, baik para pejabat terdahulu yang telah merintis, menggagas dengan susah payah membangun Kabupaten Berau, hingga hari ini bisa diperhitungkan, dan masuk dalam kategori yang membanggakan.

“Panji yang diterima Kabupaten Berau sebanyak tujuh, yang masuk kategori nomor satu di Kalimantan Timur, dan ada yang masuk nomor dua dan nomor tiga,” ungkapnya.

BACA JUGA : Berau Raih 7 Panji Keberhasilan Pembangunan

Bupati mengaku bangga dan terharu dengan prestasi yang diraih Pemkab Berau ini, meskipun diakuinya ada beberapa panji yang lepas dari penerimaan tahun sebelumnya. Untuk itu, Muharram berharap panji yang telah diraih dapat dipertahankan dan juga dapat ditambah dengan panji-panji pada bidang berikutnya.

“Kita terus bekerja, bersungguh-sungguh sesuai dengan ketentuan yang ada, pasti akan membuahkan hasil. Dan inilah salah satu hasil dari kerja bersama,” ucapnya.

 

Sebelum menerima panji ini, Bupati juga menerima penghargaan yang cukup bergengsi dari Presiden RI, yaitu Anugerah Dana Rakca 2016, dimana hanya 83 kabupaten/kota se-Indonesia yang menerimanya. Bahkan, dengan penghargaan ini, Berau menerima dana insentif daerah kurang lebih Rp53 miliar.

BACA JUGA : Salut!!! Berau Raih Anugerah Dana Rakca, Satu-Satunya Di Kaltim

Yang lebih membanggakan, anugerah ini hanya diterima Berau dari kabupaten/kota di Kaltim dan Kaltara. Dimana penilaiannya, berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan daerah, kinerja pelayanan dasar publik serta kinerja ekonomi dan kesejahteraan.

“Ini menjadi motivasi bagi kita semua, untuk kompak bekerja dan terus berinovasi agar apa yang selama ini kita raih dapat dipertahankan dan kita tingkatkan,” tandasnya.

Di tahun 2017 ini, Bupati berharap kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus meningkatkan kinerja, memberikan yang terbaik dalam melayani masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia