Ciptakan Icon Budidaya Ikan Air Tawar

 

TANJUNG REDEB – Dinas Perikanan Berau melalui Kepala Bidang Budidaya Perikanan Yunda Zuliarsih, mengaku ingin meningkatkan jumlah kelompok budidaya ikan di Kabupaten Berau.

Menurutnya, selama ini budidaya ikan di wilayah Berau belum terkelola dengan maksimal, sehingga penting dilakukan pembinaan kembali, dengan harapan akan memunculkan kelompok budidaya unggulan yang bisa menembus pasar tingkat nasional.

"Kita lihat potensi di Berau ada apa, itu akan kita gali dan kita budidayakan," ujarnya saat dijumpai beraunews.com di ruang kerjanya, Senin (16/01/2017).

Adapun budidaya yang akan dikembangkan, meliputi dua program, yakni program pengembangan kawasan budidaya laut air payau dan air tawar, dan pengembangan budidaya perikanan. Dari dua program ini ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan secara berkala, seperti monitoring hama penyakit, dan pengembangan perbenihan rakyat, penambahan sarana dan prasarana di balai benih ikan air tawar Bedungun, dan pengembangan budidaya perikanan air tawar.

Yunda mengaku, sejauh ini program tersebut telah berjalan, namun tingkat keberhasilannya hanya para pembudidaya yang mengetahui.

"Untuk ke depannya, kami mencoba untuk membuat konsep. Seperti mendata kebutuhan benih yang dibutuhkan di Kabupaten Berau dalam satu tahun itu berapa, benih yang diproduksi dari balai benih ikan itu berapa, kekurangan ini kita peroleh darimana saja bisa. Apakah dari UPR (Unit Pembenihan Rakyat) atau kita harus bermitra dengan investor," bebernya.

Selain itu, kita ingin Berau ini memiliki icon budidaya perikanan. Jika di Sulawesi ada budidaya udang galah, di Berau juga ingin demikian. Namun, mungkin akan lebih mengarah kepada budidaya air tawar.

Saat ini, diakui Yunda, telah ada seorang pengusaha lokal yang tengah membudidayakan udang vaname di daerah Kampung Mantaritip Kecamatan Sambaliung. Dengan adanya budidaya itu, kita ingin menjadi contoh pembudidaya lain dalam mengembangkannya.

"Kami juga memiliki keinginan budidaya perikanan kita dapat lebih dikenal. Selain  meningkatkan ekonomi warga, kita coba meraih penghargaan Adibakti Mina Bahari (AMB) dari kementerian untuk kelompok masyarakat," ujarnya.

"Kami ingin ada kelompok unggulan sampai nasional, kita akan lihat potensi di Berau ini cocok untuk budidaya apa, " tandasnya.(bnc)

Wartawan: M.S. Zuhrie/Editor: R. Amelia