Pemkab Bakal Terapkan Sistem Penilaian di Seluruh SKPD

 

TANJUNG REDEB – Setelah berhasil memboyong tujuh panji keberhasilan pembangunan daerah di tingkat Provinsi, Bupati Berau, Muharram berinisiatif untuk menerapkan sistem penilaian serupa pada lingkup kerja SKPD se-Kabupaten Berau.

Hal itu diungkapkannya usai menghadiri penyerahan tujuh panji keberhasilan pembangunan daerah oleh Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, di Samarinda, beberapa waktu lalu.

Menerapkan sistem penilaian tersebut, dikatakannya merupakan sebuah inovasi untuk memicu kinerja seluruh SKPD agar bekerja lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, masing-masing SKPD tentunya akan bersaing secara sehat dalam memberikan kinerja terbaik mereka kepada Pemkab Berau, khususnya masyarakat Berau.

"Insya Allah, kita akan coba untuk menerapkan apa yang dilakukan pemprov saat ini, seperti melakukan penilaian kepada kabupaten dan kemudian memberikan panji-panji sebagai bukti keberhasilan dalam pembangunannya. Kita akan terapkan sistem yang serupa, namun di tingkat SKPD yang ada di Pemkab Berau saja. Itu bisa mendongkrak semangat mereka juga," ujarnya.

BACA JUGA : Berau Raih 7 Panji Keberhasilan Pembangunan

Tak hanya itu, penerapan inovasi tersebut dikatakannya dapat memberikan dampak positif terhadap penilaian Pemkab di Provinsi.

"Selain bisa memberikan semangat dan dampak yang sangat luar biasa bagi SKPD yang ada, penerapan sistem ini juga bisa menjadi faktor bertambahnya keberhasilan kita di tingkat provinsi," katanya.

Rencananya, penyerahan tujuh panji keberhasilan pembangunan yang diraih Pemkab Berau kepada masing-masing SKPD, yakni bidang pariwisata, bidang tanaman pangan, bidang pembangunan peternakan, bidang kelautan dan perikanan, bidang pembinaan dan penyelenggaraan pemerintah desa, bidang tata kelola arsip serta bidang kehutanan, akan dilakukan pada 17 Januari 2017 mendatang, bertepatan dengan Hari Korpri.

Pada hari penyerahan tersebut juga, Bupati akan mengumumkan untuk memberlakukan penilaian terhadap seluruh SKPD.

"Harapan saya pada September mendatang, tepat pada peringatan hari jadi Berau, kita akan umumkan SKPD mana yang layak mendapatkan panji keberhasilan, tidak perlu muluk-muluk, hanya setingkat kabupaten saja dulu," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia