Ini Jawaban Kadisdukcapil Soal Penyediaan UPTD

 

TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Fredy Suryadie mengungkapkan apresiasi atas keinginan Kepala Kampung Talisayan, Yamsir yang meminta pihaknya menyediakan UPTD guna memudahkan proses pelayanan perekaman e-KTP di wilayah kecamatan pesisir.

Ditemui di ruang kerjanya, Fredy mengakui pihaknya memang ada rencana melakukan pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Bukan hanya di wilayah pesisir, namun di seluruh kecamatan yang jauh dari ibukota kabupaten.

Namun terkait rencana penyediaan UPTD yang akan dibangun di Kampung Talisayan, hendaknya pihak kampung melihat regulasi yang ada, apakah berbenturan dengan undang-undang atau tidak.

“Kita akan lihat di undang-undang kependudukan, apakah boleh dibentuk UPTD, dan kalau boleh, kita bisa proses sambil kita ajukan ke pemerintah daerah, terkait pemenuhan persyaratan yang dibutuhkan seperti perda dan yang lainnya” ungkapnya kepada beraunews.com, Rabu (11/01/2017).

BACA JUGA : Disdukcapil Diminta Buat UPTD di Pesisir Selatan Berau

Jika dalam perjalanannya tidak ditemukan benturan dengan undang-undang, proses penyediaan UPTD akan masuk kepada ranah petunjuk pelaksaan, mulai dari penyediaan gedung bangunan, alat-alat perekaman serta petugas pelayanan.

“Yang lama adalah proses penyediaan tenaga perekaman, karena harus melalui badan kepegawaian daerah. Entah itu disetujui atau tidak,” imbuhnya.

Memang diakuinya, keinginan kepala kampung ini untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat, cukup tepat. Namun perlu diketahui, jika tidak terjadi bencana defisit anggaran, per Januari 2017 ini sudah ada 2 petugas Disdukcapil kita yang stanby di Kecamatan Talisayan.

“Kita lagi kekurangan anggaran, kalau kita paksakan kirim dua petugas, bagaimana biaya mereka disana. Belum rumah tinggal dan lain-lain. Ini juga yang jadi pemikiran kita. Untuk saat ini, masyarakat pesisir mohon bersabar dulu. Semoga krisis ini segera berlalu dan kita bisa kirim petugas kesana,” tutupnya.(bnc)

Wartawan: M.S Zuhrie/Editor: R. Amelia