Camat Tanjung Redeb Upayakan RTH Hingga 30 Persen

 

TANJUNG REDEB – Kecamatan Tanjung Redeb menargetkan akan menjadikan sekitar 30 persen dari luasan daerahnya sebagai kawasan hijau atau Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hal itu diungkapkan langsung oleh Camat Tanjung Redeb, Yudha Budi Santosa, saat ditemui beraunews.com di ruang kerjanya, Selasa (10/01/2017).

Disampaikan pria yang sebelumnya merupakan Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan ini, menjadikan Tanjung Redeb sebagai kecamatan hijau adalah salah satu programnya pada masa jabatan baru saat ini.

"Kita memang menginginkan Tanjung Redeb ini menjadi daerah yang hijau dan bersih. Meskipun untuk ruang atau kawasan khusus yang kita sebut hijau itu, saat ini baru sebatas taman-taman kota yang ada," jelasnya.

Untuk merealisasikan RTH, saat ini pihaknya tengah melakukan penghitungan luasan daeerah Kecamatan Tanjung Redeb. Setelah luasan daerah diketahui secara pasti, barulah pihaknya akan menentukan luasan yang akan ditargetkan sebagai kawasan RTH.

"Kita lihat dulu. Misalkan saat ini RTH ada 10 atau 15 persen, maka akan kita upayakan menambah lagi sampai 30 persen dari luasan yang ada," ucapnya.

Selain menjadikan beberapa daerah Tanjung Redeb sebagi RTH, ia juga berencana untuk menjadikan kantor Kecamatan Tanjung Redeb dan rumah dinasnya sebagai area hijau.

"Ke depan, kita juga ingin kantor ini bisa lebih hijau dari sekarang. Apakah nanti di belakang kita tanami sayuran seperti cabai, tomat, atau yang lainnya. Apalagi saat ini cabai harganya mahal, bisa jadi nanti kita akan menanam dalam jumlah banyak, sebagai percontohan kepada masyarakat juga," katanya.

Untuk memenuhi jumlah luasan RTH tersebut, ia pun menargetkan hingga 4 atau 5 tahun ke depan.

"Kalau dilakukan sejak saat ini, Insya Allah kita bisa lihat hasilnya beberapa tahun ke depan, karena untuk tanaman itu tidak langsung kelihatan hasilnya, butuh proses. Apalagi pepohonan. Beda dengan tanaman sayur atau bunga yang bisa hitungan bulanan saja," tandasnya.(bnc)

Wartawan: Marta/Editor: R. Amelia