Berau Raih 7 Panji Keberhasilan Pembangunan

 

TANJUNG REDEB – Pemkab Berau kembali berhasil menambah satu penghargaan terbaik dari Pemprov Kaltim. Berada di bawah Kota Balikpapan dan Kabupaten Kutai Kartenegara, Kabupaten Berau berhasil mempertahankan peringkat ketiga yang diraih tahun sebelumnya, dengan meraih tujuh panji keberhasilan pembangunan, yakni bidang pariwisata kategori kabupaten, bidang tanaman pangan, bidang pembangunan peternakan, bidang kelautan dan perikanan, bidang pembinaan dan penyelenggaraan pemerintah desa, bidang tata kelola arsip dan bidang kehutanan.

Penghargaan ini pun diserahkan langsung Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, didampingi Wakil Gubernur Kaltim, Mukmin Faisyal kepada Bupati Berau, Muharram pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Kaltim di Stadion Sempaja, Senin (09/01/2017) pagi.

Bupati Berau, Muharram mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur atas prestasi yang telah diraih dan dipertahankan Pemkab Berau saat ini. Untuk itu, ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pejabat dan pegawai di lingkup Pemkab Berau maupun masyarakat Berau yang turut berkontribusi dalam meraih kembali panji keberhasilan pembangunan pada tahun ini.

Sejak awal memimpin Berau, lanjut Muharram, dirinya sebetulnya tidak pernah memberikan target kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk meraih penilaian terbaik dalam penilaian panji keberhasilan pembangunan yang dilakukan Pemprov Kaltim. Ia hanya meminta bagaimana seluruh SKPD dapat bekerja dan menjalankan visi misi Pemkab Berau dengan baik, sehingga berdampak dengan diraihnya berbagai penghargaan kedepannya.

“Dengan adanya momentum ini, paling tidak saya mengerti bahwa paling tidak ada sekitar 50 panji yang diperebutkan dalam setiap tahun untuk 10 kabupaten. Sehingga ini menjadi motivasi buat kita untuk semakin baik bekerja,” ungkapnya saat dihubungi beraunews.com, Senin (09/01/2016) siang.

 

Selain itu, tambah Muharram, melalui momentum ini, ia mengetahui aspek-aspek mana saja yang menjadi tolak ukur dan fokus penilaian Pemprov Kaltim, untuk menilai sebuah kabupaten/kota bisa dikategorikan layak mendapatkan panji keberhasilan atau tidak.

Namun, kembali ditegaskan Muharram, ia tidak menargetkan setiap SKPD agar dapat meraih panji-panji keberhasilan di bidangnya masing-masing. Yang terpenting ialah bagaimana setiap pejabat dan pegawai SKPD di lingkup Pemkab Berau dapat menjalankan visi-misi pembangunan dengan sebaik-baiknya.

“Saya kira itu lebih positif untuk mensupport pegawai lainnya,” tambahnya.

Bahkan, jelas Muharram, guna memacu motivasi seluruh SKPD, ia juga akan memberikan penghargaan khusus kepada SKPD yang dinilai berprestasi dan memiliki kinerja terbaik dengan inovasi, program dan kegiatan yang dilaksanakannya. Apa yang dilakukan Pemprov Kaltim, kedepannya juga akan dilakukan Pemkab Berau pada saat HUT Kabupaten Berau.

 

Seperti diketahui, Pemkab Berau juga menerima penghargaan peringkat kedua dalam bidang kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah kategori kabupaten, bidang perdagangan, bidang kesejahteraan rakyat dan bidang penanggulangan kemiskinan. Peringkat ketiga pada bidang perkebunan, bidang industri, bidang pembangunan ketahanan pangan, serta bidang perpustakaan dan minat baca.

Pada malam anugerah Kaltim Award yang digelar di Plenary Hall Sempaja Samarinda, Minggu (08/01/2017) malam, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak juga secara khusus menyerahkan penghargaan anugerah pesona Kaltim kepada Bupati Berau Muharram, dalam apresiasi pariwisata dengan kategori destinasi pariwisata.

Tak hanya itu, Kabupaten Berau juga menerima sejumlah penghargaan lain, diantaranya juara pertama pos pelayanan terpadu (posyandu) yang diraih Kecamatan Biduk Biduk, selain itu juga diberikan penghargaan kepada kelompok peternak Mawar Makmur dari Kecamatan Batu Putih selaku peternak sapi pola intensif yang meraih peringkat ketiga, Kelompok peternak Gudang Sejahtera dari Kecamatan Sambaliung peringkat kedua peternak sapi pola ekstensif, peringkat pertama peternak kambing diraih Berkah Mandiri dari Kecamatan Biatan. Berau juga menerima penghargaan peringkat pertama petugas peternakan berprestasi yang diraih Kiswoyo.

Selanjutnya, tiga pelajar asal Kabupaten Berau juga menerima penghargaan dari Gubernur Kaltim. Arsita Rizal, pelajar pelopor keselamatan lalulintas dan angkutan jalan berprestasi. Jeniffer Ruth Galosa, pemenang kategori SMP pada pemilihan tunas muda pemimpin Indonesia tingkat Provinsi Kaltim, dan Amelia Vega, pemenang kategori SD pada pemilihan tunas muda pemimpin Indonesia tingkat Provinsi Kaltim tahun 2016.(bnc)

Wartawan: Andi Sawega/Editor: R. Amelia