Jika Memungkinkan, Anggota Pol PP Kecamatan Ditambah

 

TALISAYAN - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Berau siap bersinergi dengan pemerintah kecamatan dalam hal melakukan penegakan Perda (Peraturan Daerah), di wilayah Pesisir Selatan Berau. Kasatpol PP Berau, Ahmad Ismail mengatakan, sejauh ini pihaknya terus mengawal Perda maupun ketertiban umum. Bahkan, dalam melakukan hal tersebut, personel Pol PP juga sudah ditempatkan di berbagai kecamatan di Kabupaten Berau.

Tetapi, lanjut dia, jika sewaktu-waktu pemerintah kecamatan ingin melakukan kegiatan seperti melakukan penertiban pelanggaran perda di wilayah kerjanya, seperti melakukan penutupan lokalisasi prostitusi, penertiban pedagang kaki lima, serta melakukan razia ke sejumlah indekos dan penginapan, pihaknya siap menerjunkan personel tambahan jika personel yang ada di kecamatan kurang.

Pihaknya juga menyadari bahwa personel Pol PP yang bertugas di Kecamatan masih terbilang kurang. Meski begitu, pihaknya tetap akan memaksimalkan personel yang ada, demi menjaga kelancaran tugas dan kegiatan yang ada di setiap kecamatan.

Ketika ditanya terkait rencana penambahan personel Satpol PP di setiap kecamatan, mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertanaman (DKP) Berau itu mengatakan, penambahan personel di kecamatan memang sudah seharusnya dilakukan. Hal itu mengingat, banyaknya kerja pihak kecamatan dalam upaya penegakan perda.

Meskipun sifatnya penting, rencana tersebut masih harus direncanakan dengan matang. Mengingat saat ini jumlah personel dan anggaran yang ada masih sangat terbatas.

“Penambahan personel 10 hingga 20 bisa saja dilakukan. Asalkan anggaran dan jumlah personel memungkinkan. Tapi itu akan kita sesuaikan dengan kebutuhan di setiap kecamatan,” pungkasnya.(bnc)

Wartawan: Hendra Irawan/Editor: R. Amelia