Pasca Mutasi, Beberapa Kadis Sudah Menempati Kursi Baru

 

TANJUNG REDEB – Hari pertama masuk kerja usai libur Natal dan tahun baru 2017, seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Berau tampak kembali memulai rutinitas kerjanya. Tak terkecuali pejabat struktural, khususnya kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang sebelumnya direposisi dan menempati perangkat daerah yang baru.

Seperti yang terlihat di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Jalan Pemuda, Selasa (03/01/2017) pagi. Sebelum memulai aktivitas kerja di tahun anggaran baru ini, Disbudpar terlebih dulu menggelar serah-terima jabatan antara Kepala Disbudpar baru, yakni Mappasikra Mappeseleng dengan Kepala Disbudpar lama, Rohaini, yang kini dipercaya sebagai Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Berau. Pada kesempatan itu, terlihat hadir Wakil Bupati Berau (Wabup) Agus Tantomo.
 
Dalam sambutannya, Wabup Agus Tantomo berpesan dan menitipkan empat poin penting yang menjadi perhatian Kepala Disbudpar yang baru. Antara lain, pertama, angka riil terkait jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Berau. Kedua, pengaktifan kembali pegawai Disbudpar di Bandara Kalimarau yang berperan sebagai penerima tamu domestik dan mancanegara.

Ketiga, pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Maratua diprioritaskan tuntas di 2017. Dan terakhir, membangun kembali komunikasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat dalam pembangunan pariwisata di Kabupaten Berau.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Berau, Mappasikra Mappeseleng mengungkapkan, dirinya akan kembali melihat potensi-potensi yang ada. Baik, secara internal di Disbudpar sendiri maupun secara eksternal, yakni potensi objek wisata maupun pengembangan usaha di bidang pariwisata.

“Dalam minggu ke-3 (Januari) harus sudah ada aktivitas pariwisata di lapangan. Selain itu, kita akan monitor objek wisata yang ada di pedalaman, pesisir termasuk arah pantai karena ini selaras dengan rencana Kadis Pariwisata Provinsi, Syafrudin Pernyata, yang ingin memunculkan objek wisata baru. Seperti, objek wisata yang baru ditemukan di Inaran, Segah dan lainnya,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, Kepala Disbudpar Berau yang lama, Rohaini, usai melaksanakan serah terima jabatan di kantor lamanya tersebut juga segera datang dan berkantor di Kantor Dinsos Berau yang juga berada di Jalan Pemuda.

Memulai tahun anggaran 2017 di kantor Baru, Rohaini mengharapkan semua dapat berjalan dengan lancar dan aman dan mengajak seluruh PNS di Dinsos Berau agar dapat memberikan pelayanan sosial yang sebaik-baiknya kepada masyarakat Berau, terutama pada masyarakat yang tergolong tidak mampu dan sebagainya.

“UU Nomor 11/2009 tentang Kesejahteraan Sosial harus dipahami betul-betul karena urusan kesejahteraan sosial sangat kompleks dan bersentuhan langsung dengan masyarakat makanya dalam melayani harus ikhlas dan dengan hati nurani. Dan, program yang bagus terus kita lanjutkan,” pungkasnya.

Diketahui juga, serah terima jabatan juga telah dilakukan di beberapa SKPD. Antara lain, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Berau, dan lainnya. Bahkan, Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Berau yang baru, Husdiono juga langsung menggelar coffe morning guna menyapa langsung rekan-rekan wartawan di Kabupaten Berau.(bnc)

Wartawan: Andi Sawega/Editor: R. Amelia