Mutasi Kembali Terjadi, Ada Yang Pingsan

 

TANJUNG REDEB – Mutasi pejabat di bawah kepemimpinan Bupati Berau, Muharram dan wakilnya, Agus Tantomo, kembali terjadi. Sebanyak 293 pejabat eselon IIIb hingga IVb yang baru, Jumat (30/12/2016) pagi tadi di GOR Pemuda, dilantik. Sebelumnya, sebanyak 101 pegawai telah digeser pada mutasi perdana.

Sehingga, jumlah pejabat yang dimutasi hingga kini berjumlah 394. Ke-394 pejabat itu terdiri dari pejabat struktural eselon II sebanyak 39, eselon III sebanyak 186 dan sisainya eselon IV. Pelantikan para pejabat eselon IIIb hingga IVb itu disaksikan Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah serta jajaran pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Berau.

BACA JUGA : Perdana, Muharram Lantik 102 Pejabat Struktural

“Selama menjabat sebagai Bupati Berau beberapa bulan ini dan dari seluruh pekerjaan serta tanggungjawab yang ada, mutasi inilah yang saya rasakan sangat berat bebannya,” imbuh Muharram.

 

Mereka yang dilantik sebagian besar hanya direposisi setelah yang bersangkutan telah bertugas lama di SKPD sebelumnya. Ada juga diantaranya yang memang diangkat baru dan mendapatkan promosi jabatan.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Abdul Rifai menjelaskan, dari mutasi perdana hingga mutasi kedua ini, setidaknya ada 1 pegawai struktural eselon IIb, 2 pegawai struktural eselon IIIa dan 1 pegawai struktural eselon IVb yang turun job menjadi pengisi Jabatan Fungsional Umum (JFU).

Antara lain, dari eselon Iib, yakni Wisnu Haris, yang dulu menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pembangunan Setkab Berau kini mengisi Jabatan Fungsional Tertentu. Selanjutnya, dari eselon IIIa, Matius Maus Popang, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau menjadi Dokter Umum RSUD dr. Abdul Rivai dan Said Dahrun, dari Kepala Bagian Rapat dan Persidangan Sekretariat DPRD Berau jadi Pengawas Sekolah Madya Dinas Pendidikan (Diknas) Berau.

 

Terakhir, dari eselon IIIb yakni Andreas Baso, yang sebelumnya Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Diskes Berau jadi Dokter Umum pada RSUD dr. Abdul Rivai.

“Ada 293 pegawai untuk mutasi kedua ini, sebenarnya total ada 294 karena 1 orang difungsionalkan. Dari 293 itu, ada 123 pegawai eselon IIIb,” pungkasnya.

BACA JUGA : Hanya 317 Pejabat Eselon IIIb yang di Mutasi Besok

Di mutasi jilid II kali ini, disela-sela pembacaan nama-nama pejabat struktural yang dimutasi, salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kecamatan Sambaliung ambruk di tengah himpitan ratusan ASN lainnya. Pegawai yang memang sedang dalam kondisi kesehatan menurun ini kemudian digotong keluar ruangan oleh sejumlah pegawai lainnya.(Andi Sawega)