Perdana, Muharram Lantik 102 Pejabat Struktural

 

TANJUNG REDEB – Sebanyak 102 pejabat struktural di lingkungan Pemkab Berau masuk dalam gerbong mutasi perdana di bawah kepemimpinan Bupati Berau Muharram bersama Wakilnya, Agus Tantomo. Para pejabat yang terdiri dari 39 eselon II dan 63 eselon III tersebut resmi dilantik dan diambil sumpah janji jabatan oleh Bupati, Jumat (23/12/2016) pagi tadi.

Mutasi tersebut sesuai dengan keputusan Bupati Berau Nomor 821.2/211-Kep/BKPP-I/2016 tertanggal 23 Desember 2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dalam Jabatan Struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau.

Diantara pejabat yang dilantik itu adalah Jonie Marhansyah dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Berau tetap menempati posisi sebelumnya, Mansyah Kelana dari Kepala Diskoperindag diangkat menjadi Asisten Pembangunan dan Ekonomi menggantikan Syamsul Abidin yang digeser menjabat Staf Ahli Bidang Keuangan dan SDM. Begitu juga, Iramsyah dari Kepala Satpol PP dijadikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Setkab Berau.

Sementara, Suhardie Sabran yang sebelumnya Kadishut direposisi menjadi Kepala BPBD menggantikan Mahdi Hasan, yang kini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan. Selanjutnya, M. Gazali dijadikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan yang kini menjadi SKPD baru yakni Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan menggantikan Basri Sahrin, yang diberi amanat baru sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemkab Berau.

 

Kemudian, enam pejabat eselon IIIb lainnya juga mendapat promosi eselon IIIa, adalah, Mansyur yang sebelumnya Sekretaris pada Kantor Camat Biduk-Biduk dipercaya menjabat Camat Batu Putih, Marsudi dari Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Usaha Ekonomi BPMPK menjadi Camat Maratua, dan Masrani dari Kabid Data dan Pengendalian Disdukcapil menjadi Sekretaris BKPP.

Selanjutnya, Husdiono dari Sekretaris pada Kantor Camat Batu Putih menjadi Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setkab Berau, Andi Marewangeng yang sebelumnya Kabid Pembinaan dan Pengendalian Bangunan DPU diberi amanat menjabat Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Berau, dan terakhir, Amir Hamzah dari Kabid Bina Kesejahteraan Sosial Dinsos kini menjabat sebagai Sekretaris Inspektorat Daerah Pemkab Berau.(Selengkapnya lihat grafis)

 

Dalam sambutannya, Muharram mengaku bersyukur dan bahagia karena satu proses pemerintahan sudah bisa dilaksanakan. Ini merupakan pekerjaan yang sangat berat. Pasalnya, mutasi ini sudah lama direncanakan sejak Agustus lalu karena harus menunggu terbentuknya Perda Kabupaten Berau tentang Organisasi Perangkat Daerah baru. Namun, harus kembali menunggu disahkannya Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Berau.

“Alhamdulillah kurang lebih selama 11 bulan pasca saya dilantik, baru kita hari ini melakukan mutasi tahap pertama khusus eselon II dan IIIa,” ungkapnya.

Reposisi jabatan yang dilakukan ini adalah hal yang biasa dan harus dilaksanakan mengingat ada harapan dan pekerjaan besar yang harus disegerakan. Kepada yang sudah dilantik dan diberikan amanah, diharapkan dapat menjaga nama baik pemerintahan.

“Saya terus terang bapak/ibu merasa tidak membeda-bedakan semua bapak-bapak dan ibu sekalian. Cuma, kadang bapak/ibu yang membedakan dan memandang saya mungkin tidak seperti saya mencintai bapak/ibu sekalian. Tapi, saya ingin kinerja pemerintahan Kabupaten Berau ini optimal,” pungkasnya.(Andi Sawega)