Perbup OPD Selesai, Besok Positif Mutasi

 

TANJUNG REDEB – Sebanyak 32 rancangan Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Berau tentang Pembentukan dan Susunan Struktur Perangkat Daerah yang baru, telah memasuki tahapan penandatanganan oleh Bupati Berau, Muharram. Sekaligus, menandakan telah disahkannya Perbup tersebut guna pelaksanaan pelantikan ulang maupun mutasi perdana di lingkungan Pemkab Berau di bawah kepemimpinan Bupati Muharram dan Wakilnya, Agus Tantomo.

Sesuai informasi dari Bagian Humas dan Protokol Pemkab Berau, Bupati dipastikan akan melakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan di Balai Mufakat, pada pukul 07.30 Wita, Jumat (23/12/2016) besok.

“Insya Allah per hari ini, Perbup OPD sudah clear semua. Tadi disetor ada beberapa,” ungkap Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setkab Berau, David Pamudji saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/12/2106) sore.

BACA JUGA : Persiapan Mutasi Terus Dikebut, 16 Perbup OPD Sudah Dimeja Bupati

Dikatakannya, softcopy dari 32 draf Perbup itu sebelumnya telah diserahkan ke Bagian Hukum Setkab Berau untuk ditindaklanjuti dalam bentuk hardcopy (buku). Selanjutnya, tambah David, pihaknya akan segera menyusun draf Perbup tentang Unit Pelaksana Teknis Dinas di tingkat Kecamatan (UPTD). Perbup itu guna mereduksi atau menata ulang UPTD yang sebelumnya dibawahi berbagai SKPD sebelumnya.

Dengan adanya perubahan maupun penggabungan SKPD sesuai Perda tentang OPD yang baru, maka beberapa SKPD yang sebelumnya berdiri sendiri dan memiliki UPTD harus bergabung menjadi satu SKPD, sehingga UPTD yang dibawahi SKPD tersebut harus ditata ulang sesuai struktur SKPD yang baru.

“Seperti di Kecamatan, tidak ada lagi Kasi Pendidikan, maka kita lagi memfinalkan apakah di Diknas bisa membentuk cabang Diknas. Karena di dalam aturan sih, UPTD di bawah Dinas Pendidikan itu hanya formal dan informal. Formalnya itu sekolah, informalnya itu SKB. Nah ini kami belum (membuat struktur baru), masih memfinalkan. Jadi harus ditata ulang,” lanjutnya.

BACA JUGA : Akhir Desember Mutasi, Perbup Struktur dan Tata Kerja Perangkat Daerah Dikebut Penyelesaiannya

Sebelumnya, jelas David, setiap SKPD memiliki Perbup tentang UPDT. Namun, kini pihaknya akan merangkum semua UPDT dalam satu Perbup saja. Perbup tentang UPTD itu akan disertai dengan rincian UPTD dari masing-masing SKPD.

“Kita efesiensikan saja, 1 perbup tapi nanti ada rinciannya. SKPD ini, UPTD-nya ini-ini. Jadi fokus kami SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kerja-red) seluruh SKPD selesai karena nanti dipedomani oleh seluruh SKPD yang baru. Tapi, dalam rangka itu juga proses untuk perbup UPTD, kita juga proseskan ke provinsi,” jelasnya.

Terkait mekanisme penandatanganan Perbup itu oleh Bupati Muharram, tegas David, hal itu merupakan kewenangan Bagian Hukum Setkab Berau. Pihaknya hanya menyerahkan 32 draf Perbup tersebut kepada Bagian Hukum untuk ditindaklanjuti. Pihaknya pun biasanya hanya menyerahkan draf Perbup yang masih berupa softcopy, tidak harus dicetak dalam bentuk hardcopy (buku).

“Mekanismenya kalau di meja Bupati, itu urusannya hukum. Tugas kami selesai untuk melangsir ke hukum, baik softcopy maupun hardcopy,” pungkasnya.(Andi Sawega)