Soal Derawan Ada di Uang Rupiah Baru Pecahan Rp20 Ribu, Wabup : Pengakuan Akan Popularitas Pulau Derawan

 

TANJUNG REDEB – Senin (19/12/2016), Bank Indonesia (BI) secara resmi mengeluarkan satu seri uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 yang terdiri dari 7  pecahan uang Rupiah Kertas dan 4 pecahan uang Rupiah Logam dengan gambar pahlawan.

Dari pecahan pecahan tersebut, ada yang menarik perhatian masyarakat Kabupaten Berau. Pasalnya, di salah satu sisi uang pecahan Rp20.000 terdapat gambar salah satu objek wisata yang telah lama menjadi andalan Kabupaten Berau dalam menarik kunjungan wisatawan.

Uang pecahan tersebut didominasi dengan warna hijau, dengan gambar pahlawan nasional GSSJ Ratulangi. Sementara pada bagian belakang terdapat gambar tari gong dari Suku Dayak Kalimantan Timur, dengan panorama alam Pulau Derawan Kalimantan Timur.

BACA JUGA : Besok, BI Luncurkan 11 Uang Rupiah Baru

Hal itu pun juga menyita perhatian Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo. Ia mengatakan, dengan masuknya panorama Pulau Derawan secara tidak langsung telah membuktikan, bahwa objek wisata di Kabupaten Berau khususnya Pulau Derawan telah dikenal luas di Indonesia maupun Internasional.

Ia mengaku, pihaknya tidak mengetahui bahwa akan ada uang baru yang akan dicetak, atau akan diedarkan dengan gambar panorama Pulau Derawan. Meski begitu, dirinya merasa bersyukur bahwa Pulau Derawan dipilih menjadi gambar dipecahan Rp20 ribu, diantara objek wisata lain.

Dengan adanya panorama Derawan dipecahan uang baru tersebut, dirinya menilai akan berdampak sangat positif bagi promosi objek wisata.

"Alhamdullilah. Ini bentuk pengakuan akan popularitas Derawan. Kita berharap ini menjadikan Derawan lebih mudah dipromosikan," ungkapnya melalui pesan whatsapp kepada beraunews.com.(Hendra Irawan)