Persiapan Mutasi Terus Dikebut, 16 Perbup OPD Sudah Dimeja Bupati

 

TANJUNG REDEB – 16 dari 32 Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pembentukan dan Susunan Struktur Perangkat Daerah Pemkab Berau yang baru, telah memasuki tahapan penandatanganan oleh Bupati Berau, Muharram. Sekaligus, menandakan telah disahkannya Perbup tersebut.

“Kemarin itu perbaikannya sudah kita perbaiki. Kemudian, kami serahkan lagi ke (bagian) hukum untuk proses penandatanganan,” ungkap Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setkab Berau, David Pamudji saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/12/2106).

Dikatakannya, 16 draf Perbup itu sebelum diserahkan ke Bagian Hukum, juga mengalami beberapa perbaikan naskah. Sebab, pada tahapan fasilitasi yang dilakukan bersama Bagian Hukum Pemprov Kaltim maupun Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum HAM) Perwakilan Kaltim beberapa waktu lalu, terdapat rekomendasi untuk perbaikan naskah yang telah disusun oleh Bagian Ortal Setkab Berau itu.

“Untuk persiapan perangkatnya dari Perbup, jumlah total 32 (Perbup) sudah masuk ke provinsi. 16-nya hari Selasa (6/12/2016) kemarin sudah difasilitasi, hanya perbaikan naskah. Rekomendasi dari provinsi masih ada perbaikan naskah,” lanjutnya.

Sisa Perbup yang ada saat ini, tambah David, juga telah masuk dalam tahapan fasilitasi di tingkat provinsi. Jika telah selesai difasilitasi dan masih terdapat rekomendasi untuk perbaikan draf khususnya naskah, tentu pihaknya kembali akan melakukan perbaikan.

“Kemudian, yang sisanya dari 16 itu, sudah disampaikan oleh (bagian) hukum ke provinsi. Kalau kami sudah selesai, tinggal nanti disini hanya memperbaiki. Nanti pun falitasinya sama dengan 16 itu karena satu grup,” tambahnya.

Terkait kesiapan jelang mutasi yang direncanakan akan digelar pada Kamis (22/12/2016) mendatang, David enggan berkomentar lebih. Namun, David menyakini, pihaknya sebagain instansi teknis yang membuat peraturan dasar untuk dilaksanakannya mutasi tersebut dapat menyelesaikan Perbup itu dalam kurun waktu beberapa hari ke depan.

“Jadi disini, Insya Allah minggu depan sudah clear naskahnya,” pungkasnya.(Andi Sawega)