Keluhan Pengadaan Damkar, Ini Kata BPBD Berau

 

TANJUNG REDEB – Keluhan Kepala Kampung Talisayan yang merasa dianaktirikan oleh Pemkab Berau lantaran usulan pengadaan armada mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) ditanggapi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau.

BACA JUGA : Kepala Kampung Sebut Talisayan Seperti Anak Tiri

Kepala BPBD Berau, Mahdi Hasan melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Rismansyah mengatakan, terkait keinginan Kepala Kampung Talisayan itu, pihaknya sudah mengajukan pengadaan unit Damkar untuk tiap kecamatan melalui APBD murni untuk Tahun 2017 mendatang.

Sedangkan, untuk wilayah di pesisir selatan Berau memang diakuinya, saat ini baru ada dua kecamatan yang yang tengah diupayakan unit Damkar berkapasitas 5.000 liter, yakni Kecamatan Talisayan dan Biduk-Biduk.

“Kalau mengajukan sudah, bahkan diajukan hingga ke tingkat satu. Namun apakah usulan yang kami layangkan itu terealisasi atau tidaknya, kami belum mendapatkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA),” ungkapnya kepada beraunews.com melalui sambungan seluler, Jumat (9/12/2016).

BACA JUGA : Horee.. Tiap Kecamatan Bakal Dapat Damkar

Lebih lanjut disampaikannya, pengadaan unit damkar tersebut merupakan program BPBD dalam menyediakan satu unit Damkar per kecamatan. Mengingat, tiap tahun jumlah penduduk dan pemukiman semakin padat, tentu saja potensi kebakaran akan lebih meningkat.

“Karena, kita tidak mau kejadian beberapa waktu lalu terulang kembali, apalagi saat terjadi kebakaran di Kampung Talisayan yang mengakibatkan korban jiwa,” jelasnya.

Ditanya terkait rekruitmen, pihaknya menyampaikan akan mengambil setidaknya lima relawan dari tiap wilayah, dan kemudian akan dibekali keterampilan khusus. Tetapi lanjut dia, dalam melakukan perekrutan, pihaknya akan menyerahkan hal tersebut kepada camat setempat.

“Semuanya tergantung camat untuk menentukan, atau ada kesepakatan lain,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dalam waktu yang tidak lama semua kecamatan dapat mendapatkan aramda damkar, sehingga peristiwa kebakaran dapat diminimalisir. Disamping itu, dirinya juga meminta kepada masyarakat yang berada di Kecamatan Talisayan untuk lebih bersabar sembari menunggu usulan tersebut diproses.

“Ya pastinya kita berharap warga Talisayan untuk bersabar. Kita akan terus berupaya agar usulan terkait pengadaan damkar di Talisayan dan wilayah lainnya mendapat respon positif dari pemerintah," tandasnya.(Hendra Irawan)