Salut!!! Berau Raih Anugerah Dana Rakca, Satu-Satunya Di Kaltim

 

JAKARTA – Pemkab Berau menerima Anugerah Dana Rakca 2016. Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia untuk daerah yang berkinerja baik ini diserahkan langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution kepada Bupati Berau, Muharram, di Gedung Dhanapala Komplek Kementerian Keuangan RI, Rabu (7/12/2016).

Diketahui, penyerahan penghargaan itu dirangkai dengan Konferensi Nasional Pengelolaan Keuangan dan Pendanaan Pembangunan Daerah dan Desa, yang juga dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dan Menteri Bappenas, Bambang Brodjonegoro.

Dari 83 daerah yang terdiri dari 6 provinsi, 65 kabupaten dan 12 kota se-Indonesia, Kabupaten Berau menjadi satu-satunya kabupaten/kota dari Kalimantan Timur yang menerima penghargaan. Kabupaten Berau dinilai berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan daerah, kinerja pelayanan dasar publik serta kinerja ekonomi dan kesejahteraan. Dinilai daerah berkinerja baik, Kabupaten Berau menerima reward dengan Dana Insentif Daerah (DID) terbesar di Kaltim, yaitu Rp53,04 miliar.

Kabupaten Berau dan beberapa daerah penerima penghargaan dinilai telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Diantaranya, menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) serta penetapan peraturan daerah (perda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tepat waktu.

Selain itu, penilaian kinerja daerah juga dilakukan dengan tiga indikator utama, yakni indikator kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah yang mencakup 11 parameter. Indikator pelayanan dasar publik mencakup 7 parameter, serta indikator kinerja ekonomi dan kesejahteraan mencakup 4 paramater, yaitu perhubungan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, penurunan pengangguran dan pengendalian inflasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution memberikan apresiasi dan selamat kepada para kepala daerah penerima penghargaan. Penghargaan dan reward DID diharapkannya memberikan motivasi dan memberikan inspirasi bagi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kinerja demi kesejahteraan masyarakat.

“Saya memberikan selamat kepada yang memperoleh penghargaan, mari kita semua meningkatkan kinerja demi kesejahteraan masyarakat, ” ucapnya.

 

Lebih lanjut, Darmin Nasution menyampaikan peranan pemerintah daerah dalam pembangunan dan menggerakkan perekonomian daerah. Pemerintah didorong untuk melibatkan peran swasta dengan mengundang investasi, mengkombinasikan keduanya. Memilih apa yang seyogyanya dikerjakan pemerintah daerah dan apa yang sebaiknya dengan mengundang swasta.

“Jangan paksakan menggunakan dana APBD yang besar-besar kepada kegiatan yang sebetulnya swasta tertarik. Kombinasikan itu, sehingga ada dampak yang optimal dari APBD,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Berau, Muharram mengungkapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Berau yang telah berkinerja baik sehingga anugerah Dana Rakca 2016 diraih Kabupaten Berau. Dalam pengelolaan keuangan daerah yang telah direncanakan disampaikan Muharram yang pertama berpihak kepada rakyat dan pengelolaan tepat waktu.

Serta dampak terhadap program nawa cita dengan membangun daerah dari pinggiran, menjadi pertimbangan Kementerian Keuangan bahwa program perencanaan pembangunan di Kabupaten Berau sudah sesuai dengan apa yang dicanangkan pusat, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berpihak kepada rakyat pinggiran.

Penghargaan yang diraih ini disampaikan Muharram menjadi motivasi bagi bupati dan jajaran Pemkab Berau untuk terus meningkatkan kerja lebih baik lagi dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah.

“Ini menjadi momentum bagi kita untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah dimasa yang akan datang,” ujarnya.

 

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Berau, Maulidiyah mengaku turut bangga dengan penghargaan yang diraih Pemkab Berau. Mendampingi Bupati Berau menerima penghargaan, Maulidiyah mengungkapkan, kriteria penilaian adalah meningkatnya kapasitas fiskal daerah yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan pajak dan retribusi daerah setiap tahun.

“Semoga reward ini dapat dipertahankan bersama tentunya perlu kerjasama dengan seluruh stakeholder,” pungkasnya.(Andi Sawega/Hms4)