Tingkat Ketahanan Nasional Cukup Tinggi, Gubernur Puji Berau

 

TANJUNG REDEB – Usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke wilayah pesisir selatan Berau, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak juga menggelar pertemuan dan silahturrahmi dengan jajaran FKPD, SKPD serta tokoh masyarakat Berau, Sabtu (3/12/2016) kemarin.

Dalam sambutannya, Gubernur yang sedikit mengalami gangguan kesehatan mengungkapkan, kunker ini merupakan agenda rutin per tiga bulan yang harus dilaksanakan oleh kepala daerah maupun SKPD terkait. Baik, itu melalui kunker, peninjauan langsung alias blusukan maupun melalui media informasi seperti radio, koran maupun media online.

“Yang penting bagi kami adalah komunikasi dengan rakyat, komunikasi dua arah harus tercipta dengan baik. Tidak hanya melalui saya, tetapi juga (bisa) melalui SKPD Pemprov Kaltim,” ujarnya.

Tak lupa, Awang mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan Bupati Berau Muharram, Wakil Bupati Agus Tantomo, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan SKPD serta masyarakat Kabupaten Berau sebagai tuan rumah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati, FKPD Berau dan seluruh masyarakat, sebab tingkat ketahanan nasional Berau sangat bagus. Menyumbang stabilitas dan kamtibmas yang begitu baik, nilainya di atas 80 menurut penelitian terakhir yang dilakukan oleh Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional-red),” lanjutnya.

Tingkat ketahanan nasional yang cukup tinggi itu pun kembali diapresiasi Gubernur. Atas kondisi itu, Gubernur menilai Berau merupakan salah satu kabupaten/kota di Kaltim yang memiliki daya saing yang cukup tinggi.

Tingkat daya saing itu, tambah Awang, salah satu indikatornya ialah tingkat keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Terlebih, dirinya tidak pernah mendengar adanya konflik antar suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) yang terjadi di Kabupaten Berau selama ini.

“Mudah-mudahan terus tidak akan pernah terjadi. Untuk itu kepada TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat Berau, saya ucapkan terima kasih banyak. Jaga kondisi ini dengan baik,” pungkasnya.(Andi Sawega)