Kunjungan Ke Teluk Sumbang, Gubernur Janjikan Solar Cell dan Sumur Bor

 

BIDUK-BIDUK – Kondisi fisik yang tidak memungkinkan tak menghalangi semangat Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak melakukan kunjungan kerja ke Pesisir Selatan Berau.

Bersama puluhan kendaraan konvoi dari Pemprov Kaltim, orang nomor satu di Provinsi Kaltim itu lebih dulu melakukan perjalanan dari Samarinda menuju Bontang pada Rabu (30/11/2016) lalu. Setelah selesai melakukan kunjungan di Bontang, rombongan langsung melanjutkan perjalanan, dan tiba di Kampung Tembudan Kecamatan Batu Putih sebelum salat Jumat (2/12/2016).

Kedatangan rombongan Gubernur tersebut telah ditunggu oleh Bupati Berau Muharram dan Wakilnya Agus Tantomo di Guest House milik PT Sumalindo untuk melakukan kegiatan kunjungan ke Teluk Sumbang.

Setelah selesai melaksanakan salat Jumat dan makan siang, pukul 14.00 Wita, rombongan gubernur dan bupati langsung menuju Kampung Teluk Sumbang yang ada di Kecamatan Biduk-Biduk untuk bertatap muka dengan masyarakat setempat.

Di tengah perjalanan ke Teluk Sumbang, rombongan sempat dihadapkan dengan kondisi medan jalan yang cukup sulit. Bahkan, Gubernur sempat beristirahat beberapa saat di spot wisata batu berdiri pada pukul 14.00 Wita, yang hanya berjarak beberapa kilometer dari Teluk Sumbang.

Selesai rehat rombongan kembali melanjutkan perjalanan, sekira pukul 18.00 Wita, rombongan pun tiba di tempat tujuan. Meski tidak sampai satu jam berada di Teluk Sumbang, namun sambutan dan apresiasi yang diberikan warga begitu hangat.

Kepala Kampung Teluk Sumbang, Abdul Karim mengatakan, kedatangan Gubernur tersebut merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Pasalnya, sebelum kunjungan tersebut dilakukan, belum pernah ada satu pun pejabat sekelas Gubernur pernah berkunjung ke kampung yang terkenal dengan air terjun bidadarinya itu.

“Jujur ini seperti bulan jatuh di tengah-tengah kami. Kami sangat berterima kasih dan mengakui semangat beliau (Awang Faroek Ishak-red). Karena dengan kondisi yang duduk sakit pun beliau tetap memaksakan diri untuk mendatangi kami,” jelasnya saat menyampaikan sambutan, Jumat (2/12/2016).

Dirinya juga tidak ingin membuang kesempatan langka tersebut untuk menyampaikan keluh kesah warganya kepada Gubernur, khususnya keluhan terkait akses jalan dari kampungnya menuju Kampung Giring-Giring, listrik, dan air bersih.

“Saya sampaikan juga kalau masyarakat kami sangat mengharapkan perhatian pak Gubernur terkait kemudahan akses jalan, listrik, dan air bersih,” ungkapnya.

Sementara itu, Awang Faroek Ishak dalam penyampaiannya mengatakan, kegiatan kunjungan kerja tersebut dilakukan untuk bersilaturahmi lebih dekat antara Gubernur dengan masyarakatnya. Disamping itu, dirinya juga ingin secara langsung melihat roda pembangunan baik itu di tingkat kabupaten, kecamatan hingga pemerintah kampung.

Tidak itu saja, dirinya juga mengaku telah memahami sejumlah persoalan yang menjadi kendala masyarakat setempat. Namun hal itu dikatakannya telah sedikit banyak mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten. Kendati begitu, ia mengharapkan kepada kepala kampung, dan Camat Biduk-Biduk Muzakkir, untuk segera membuat usulan program untuk tahun-tahun mendatang, agar Kampung Teluk Sumbang dapat lebih berkembang.

“Sementara untuk listrik mungkin kita akan gunakan solar cell dulu, dan untuk air minum akan kita coba sumur bor. Itu yang bisa saya janjikan, dan dapat terealisasi dalam waktu yang tidak lama,” pungkasnya.(Hendra Irawan)