APBD Berau 2017 Diketok 1,80 Triliun

 

TANJUNG REDEB – DPRD Kabupaten Berau akhirnya menyetujui penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran  2017 menjadi Peraturan Daerah (Perda) APBD Tahun Anggaran  2017 sebesar Rp1,80 triliun. Hal itu di sampaikan masing-masing fraksi saat Rapat Paripurna di Gedung DPRD, Rabu (30/11/2016) sekitar pukul 11.00 Wita.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah yang didampingi Wakil Ketua I, Saga, Wakil Ketua II, Anwar dan dihadiri Bupati Berau, Muharram juga Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo hingga perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Ketua DPRD, Syarifatul Sya’diah mengatakan, jika pihaknya senang dan bersyukur APBD telah ditetapkan, meski waktu yang dimiliki DPRD sangat singkat, namun semuanya bisa terselesaikan.

"Syukurlah sudah tuntas. Meski waktu kami sempit karena setelah kami terima rancangannya langsung dibahas di internal dewan dan keesokan harinya langsung melakukan pertemuan dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah-red)," katanya.

BACA JUGA : DPRD dan Pemkab Berau Tetapkan KUA-PPAS 2017

Total APBD yang disahkan terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp920,40 miliar, belanja langsung sebesar Rp885,63 miliar. Sedangkan total pendapatan sebesar Rp1,81 triliun yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp197,31 miliar, dana perimbangan sebesar Rp1,33 trilun dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp280,35 miliar.

Meski semua fraksi menyetujui, namun ada beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian Pemkab Berau, salah satunya mensingkronkan antara Pemkab dengan pemerintah kampung agar dana yang dikucurkan bisa tepat sasaran.

"Intinya Pemkab harus sinkron dengan kampung, sehingga apa yang sudah dikeluarkan tepat waktu dan tepat sasarannya," ungkap Fery Kombong dari Fraksi Gerindra.(Dedy Warseto)