Jika Ada Pungli, Camat Talisayan : Masyarakat Lapor Langsung Ke Saya

 

TALISAYAN – Mengantisipasi terjadinya pungutan liar atau pungli, Pemerintah Kecamatan Talisayan menekankan kepada pemerintah kampung yang ada di wilayahnya, untuk berhati-hati agar tidak terjurumus ke dalam praktek pungli. Hal itu disampaikan Plt Camat Talisayan, Husdiono saat ditemui beraunews.com di ruang kerjanya baru-baru ini.

Ia menyampaikan, dirinya tidak ingin ada aparat kecamatan, kaparat kampung, bahkan kepala kampung yang terlibat dengan pungli. Apalagi dikatakannya, sudah banyak aturan yang melarang keras terkait pungli, bahkan berujung pidana.

“Ya kita ingin seluruh aparat kampung hingga kecamatan dapat bekerja sesuai dengan aturan yang ada. Jadi jangan coba-coba bermain pungli,” ungkapnya.

Disamping itu, dirinya juga meminta kepada pemerintah kampung yang ingin menerapkan sebuah aturan penarikan retribusi apapun kepada masyarakat, hendaknya harus dilakukan dengan persiapan dan perencanaan yang matang. Hal itu dikatakannya, jangan sampai program tersebut yang tujuannya baik untuk kampung menjadi boomerang kedepannya.

“Jika kampung ingin melakukan penarikan retribusi apapun, sekecil apapun biaya penarikan itu harus memiliki Peraturan Kampung (Perkam) agar jelas payung hukumnya. Karena, jika payung hukumnya atau perkamnya belum ada, maka penarikan retribusi itu dianggap pungli. Dan itu sudah salah,” tegasnya.

Tidak itu saja, pemerintah kampung juga harus melakukan pengawasan kepada jajarannya termasuk Ketua RT, terutama dalam kepengurusan administrasi penduduk. Pasalnya, dalam mengurus berbagai administrasi kependudukan, tidak jarang masih ada saja dilakukan praktek pungli oleh oknum tertentu.

“Jika tidak ada biaya sampaikan tidak ada, jangan diada-adakan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berpesan kepada masyarakat, jika ada mendapati hal-hal yang berbau pungli, baik itu di pemerintahan kampung, atau kecamatan diharapkan untuk segera melaporkan kepadanya.

“Sampaikan saja kepada kami. Akan kita datangi, jangan main-main dengan pungli ini. Masyarakat jangan takut untuk melaporkannya, pasti kita tindak lanjuti,” tandasnya.(Hendra Irawan)