Bupati : Saya Turun Bersama Masyarakat Kalau PLN Tak Segera Atasi Pemadaman

 

TANJUNG REDEB – Berlokasi di ruang rapat kakaban kantor Bupati Berau, Aliansi Masyarakat Berau Peduli Listrik (AMBPL), Senin (21/11/2016) pukul 09.00 pagi melaksanakan pertemuan dengan PT PLN dan PT Indo Pusaka Berau (IPB) dengan difasilitasi Pemkab Berau.

Pertemuan sempat mengalami ketegangan setelah protes keras dari sejumlah masyarakat dilayangkan terhadap perwakilan PLN Wilayah Kaltimra. Protes tersebut dilayangkan setelah Manager Pembangkit PLN Wilayah Kaltimra, Edwin Bangun menyampaikan permintaan maaf atas kondisi listrik yang ia akui saat ini tengah krisis.

"Memangnya dengan minta maaf semua masalah selesai, kalau begitu saya juga bisa minta maaf seperti bapak di depan situ," teriak salah seorang perwakilan AMBPL kepada perwakilan PLN.

BACA JUGA : Atasi Krisis Listrik, AMBPL Bakal Lakukan Aksi Besar-Besaran

Bukan hanya menolak permintaan maaf dari manajemen PLN, masyarakat juga memberi target kepada PLN agar dalam 30 hari ke depan sejak pertemuan ini, dapat segera memenuhi kekurangan kapasitas daya sebesar 4 MW yang selama ini menjadi masalah.

"Kalau PLN benar-benar serius, kami masyarakat Berau meminta sejak saat ini sampai 30 hari ke depan kapasitas 4 MW itu harus segera terpenuhi, kalau tidak kami akan demo lagi," tambahnya lagi.

Melihat kondisi pertemuan yang kian memanas, Bupati Berau, Muharram akhirnya angkat bicara. Dikatakanya, selama ini memang PLN Berau sudah sangat dimanjakan, sehingga dinilai kurang bertanggung jawab atas kewajibanya memenuhi kebutuhan listrik di Berau. Meskipun pemerintah daerah selama ini bukan pihak yang bertanggung jawab atas persoalan krisis listrik, namun selama ini Pemkab telah banyak membantu PLN, hanya saja pihak PLN yang terlalu menganggap remeh persoalan ini.

"PLN sudah tahu kok kondisi mesin PLTU seperti apa saat ini, tapi nampaknya PLN terlalu santai dan menggangap ini bukan keseriusan. Lewat forum ini, saya minta PLN segera menyelesaikan persoalan ini agar jangan sampai berlarut-larut dan kalau masih terus terjadi, saya akan turun bersama masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Manager Pembangkit PLN Wilayah Kaltimra, Edwin Bangun usai rapat mengatakan, akan segera menyediakan kekurangan kapasitas listrik yang 4 MW tersebut.

"Kita akan segera penuhi secepatnya," tutupnya singkat.

Dalam rapat kali ini, selain dihadiri pihak PLN, Pemkab Berau dan IPB, rapat ini juga di hadiri Ketua DPRD Berau, Kapolres Berau dan Dandim 0902/TRD.(M.S. Zuhrie)