Blanko E-KTP Baru Tersedia Januari 2017

 

TANJUNG REDEB – Pelelangan blanko KTP elektronik (E-KTP) sebanyak kurang lebih 8 juta keping dinyatakan gagal lelang di tahun 2016 ini. Hal itu disampikan secara langsung oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arief Fakhrulloh kepada seluruh Kepala Disdukcapil yang berada di seluruh penjuru Indonesia, melalui pesan singkat, salah satunya juga diterima oleh Kepala Disdukcapil Berau, Fredy Suryadi.

Dalam pesan tersebut, pelelangan blanko E-KTP dinyatakan gagal karena proses pelelangan yang hingga saat ini tidak ada satu pun perusahaan yang memenuhi syarat administratif serta uji teknis.

BACA JUGA : November Blanko E-KTP Sudah Tersedia

"Dengan berat hati dan sedih saya umumkan hal ini kepada seluruh rekan-rekan kepala Dinas Dukcapil di seluruh Indonesia. Kami tidak bisa memaksakan diri untuk menetapkan pemenang, karena bisa menjadi masalah hukum jika ditetapkan pemenangnya," ungkap Zudan sebagaimana dibeberkan Fredy Suryadi kepada beraunews.com, Selasa (15/11/2016).

 

Sebagai solusi untuk mengatasi kekosongan blanko sebagai syarat pembuatan E-KTP tersebut, pihak Dukcapil, diminta Zudan dapat memberikan surat keterangan kepada masyarakat yang bersangkutan. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Adminduk dan Undang-Undang Pilkada.

BACA JUGA : Kemendagri Sediakan Blangko KTP Untuk Daerah

Selain itu, Dirjen Dukcapil juga berjanji akan melakukan proses pelelangan pengadaan blanko E-KTP di tahun anggaran 2017 lebih cepat (pra dipa). Langkah tersebut, sangat perlu dilakukan agar pada awal Januari 2017 blanko E-KTP dapat tersedia kembali dimasing-masing Disdukcapil.

BACA JUGA : Jangan Tarik E-KTP Sebelum Terbit Yang Baru

"Atas hal ini saya mohon maaf, dan semoga tahun depan tepatnya di awal Januari blanko tersebut sudah dapat tersedia," tandasnya.(Marta)