Puskesmas di Berau Belum Terakreditasi

 

TANJUNG REDEB – Perlu waktu satu tahun persiapan menghadapi tim penilai, untuk memberikan penilaian akreditasi 5 puskesmas yang tersebar di 4 kecamatan terdekat  Kabupaten Berau. Akreditasi dinilai perlu, lantaran kelima puskesmas tersebut, tak ada satupun yang terakreditasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Totoh Hermanto yang dihubungi beraunews.com mengatakan, dengan persiapan yang memakan waktu satu tahun, tentu kesiapan puskesmas sudah sangat matang mengikuti proses penilaian pada 20 November 2016 mendatang.

"Untuk kesiapan, kami jauh-jauh hari sudah mempersiapkan. Bahkan dari setahun yang lalu sudah kami siapkan, dan ada 5 Puskesmas yang akan di nilai," katanya, rabu (11/11/2016) kemarin.

Adapun kelima Puskesmas tersebut, yakni Puskesmas Bugis, Puskesmas Tanjung Redeb, Puskesmas Teluk Bayur, Puskesmas Gunung Tabur serta Puskesmas Sambaliung. Tentu kelima Puskesmas ini harus memenuhi standar, baik dari segi pelayanan, bangunan dan juga kelengkapan alat.

Menurutnya, saat ini puskesmas yang ada di Berau, belum ada yang terakreditasi, oleh karena itu, apabila kelima Puskesmas ini nantinya lulus, tidak menutup kemungkinan tahun depan akan menyusul 7 Puskesmas lainnya untuk akreditasi.

"Semoga saja kelima puskesmas yang kami usulkan ini lulus saat penilaian nanti, sehingga pelayanannya kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi. Untuk 7 puskesmas lainnya, akan dilakukan pembenahan secara bertahap, agar mampu lulus saat penilaian akreditasi kedepannya," pungkasnya.(M.S. Zuhrie)