Listrik Padam, Pelayanan Publik Terganggu

 

SAMBALIUNG – Semakin masifnya pemadaman listrik di Kabupaten Berau, membuat pelayanan publik di sejumlah kantor pemerintahan menjadi terganggu bahkan, lumpuh totol. Seperti yang terlihat di Kecamatan Sambaliung, Kamis (3/11/2016), sejumlah warga terpaksa diminta pulang, akibat listrik padam dan pelayanan tidak dapat dilakukan.

“Pelayanan kepada masyarakat mengalami gangguan akibat seringnya padam listrik, karena saat ini semua pelayanan sudah serba komputer,” ungkap Ifha Nurhapilah, salah seorang staf kecamatan kepada beraunews.com.

Menurutnya, pemadaman listrik itu sering terjadi tiba-tiba saat petugas kecamatan sedang melayani keperluan masyarakat. Seperti, keperluan surat tanah dan pembuatan KK atau kependudukan lainnya, tentu pemadaman listrik ini sangat merugikan banyak pihak.

“Mati dari jam 9 pagi tadi. Kita tidak ada mesin genset, jadi ya begini kalau sudah mati lampu ya pasrah saja,” ucapnya.

Senada dengan petugas kecamatan, Asrul salah seorang warga Sambaliung yang akan melakukan kepengurusan data kependudukan di kecamatan terpaksa harus menunda hak pelayanannya, lantaran listrik padam. Hal ini pun dianggapnya sangat merugikan semua pihak.

“Memang sering nian mati lampu, kabarnya sekarang ini lagi krisis listrik, jadi harus dilakukan pemadaman listrik secara bergilir. Ini tidak hanya terjadi disini saja. Namun kalau bisa jangan lama-lama mati lampunya,” tutupnya.(M.S. Zuhrie)